Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Indeks Utama

Jatim Dorong Pengembangan Kawasan Industri Halal, Siapkan Kawasan Safe n Lock Pertama di Sidoarjo

Kunjungan monitoring dan evaluasi
yang dilakukan oleh Dinas Perindag Provinsi Jatim di Kawasan Industri Halal di Sidoarjo.

SURABAYA (global-news.co.id) – Pengembangan Kawasan Industri Halal (KIH) menjadi salah satu basis yang terus didorong dan didukung
perkembangannya oleh Pemprov Jatim.
Salah satunya dengan menyiapkan KIH pertama Jatim di Sidoarjo.
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag)  Provinsi Jawa Timur Drajat Irawan mengatakan bahwa Jawa Timur memiliki potensi yang cemerlang sebagai hub industri halal atau pusat industri halal terintegrasi yang berbasis pada komoditas/produk/jasa unggulan.
“Jawa Timur memiliki Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang cukup besar dengan presentase 60% adalah industri makanan dan minuman,” kata Drajat dalam rilis yang diterima, Jumat (30/10/2020).
Kata dia, 40% UMKM tersebut telah memiliki sertifikasi halal dan didominasi oleh sektor makanan dan minuman (mamin).
Berdasarkan data MUI, industri Jawa Timur yang telah mendapatkan sertifikat Halal dari MUI (sebelum diterbikan oleh BPJPH) sebanyak 2.039 dan yang diterbitkan oleh BPJPH sejumlah 184.
Sementara itu, Dinas Perindag Prov. Jatim selama rentang waktu 2017 hingga 2019 telah memberikan fasilitasi halal kepada 385 Industri Kecil Menengah (IKM) Jatim.
“BPJPH telah menerbitkan sertifikat halal sejak 17 Oktober 2019 sejumlah 184 sertifikat untuk Jawa Timur. Tahun ini kita mendapatkan kuota fasilitasi untuk UMKM sebanyak 428 unit usaha,” papar Drajat.
Potensi Jatim sebagai KIH juga didukung oleh PT Berkah Makmur Amanda yang mengelola Kawasan Industri Safe n Lock yang berada di Sidoarjo sebagai pusat kawasan industri halal dengan luas sebesar 262 Ha, sementara yang digunakan sebagai KIH seluas 148 Ha. Perihal tersebut diketahui melalui kunjungan monitoring dan evaluasi
yang dilakukan oleh Dinas Perindag Prov. Jatim di kawasan industri.
Drajat mengatakan melalui KIH yang berada di Sidoarjo, Pemprov Jatim berharap suatu hari Jatim bisa menjadi pusat halal dunia khususnya untuk sektor pariwisata, mamin, kosmetik, serta kesehatan.
Direktur Utama dari PT Makmur Berkah Amanda Tbk Adi Saputra Tedja Surya selaku pengembang KIH di Sidoarjo mengatakan bahwa 24 persen dari populasi dunia adalah muslim dengan kontribusi sebesar 2,2 triliun dolar AS per tahun dan diprediksikan akan naik sebesar 5,2 persen per tahun dan mencapai 3,2 triliun dolar AS di tahun 2024.
Sementara itu, Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia dengan jumlah penduduk muslim sebesar 299 juta jiwa justru menjadi importir produk halal terbesar di dunia yang nilainya mencapai 167,9 miliar dolar AS.
Berdasarkan data Global Economy Report 2019/20, Indonesia belum mempunyai peran yang cukup besar dalam ekonomi halal di dunia, di mana posisi Indonesia masih di bawah Malaysia, Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Saudi Arabia.
Padahal kata Adi, peluang pasar dan investasi sektor halal di Indonesia cukup besar.
“Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki populasi penduduk muslim terbesar di dunia, tingkat konsumsi produk-produk halal di Indonesia setiap tahunnya meningkat.
Terlebih banyak UMKM yang potensial menghasilkan produk-produk halal di
Indonesia belum terkelola dengan baik,” ujar Adi.
Kawasan Safe n Lock saat ini telah mendapatkan surat keterangan dari Kemenperin nomor
373/KPAII/X/2020 tanggal 22 Oktober 2020 yang menyebutkan kawasan Safe n Lock telah memenuhi kriteria
dan persyaratan sebagai Kawasan Industri Halal pertama yang ada di Jatim.
Adi mengatakan bahwa Indonesia memiliki peluang untuk menjadi pusat pengembangan bagi produk halal dunia dengan mengembangkan industri 4.0, sebagai pusat logistik halal dunia, eksportir produk halal terbesar di dunia, dan menjadi pusat keuangan Syariah untuk 57 negara OIC.
Kawasan Industri Safe n Lock yang merupakan kawasan pengembangan KIH satu-satunya di Jatim saat ini fokus pada pengembangan Consumer Good, makanan dan minuman, serta kosmetik. Untuk mengembangkan KIH, Adi mengatakan bahwa perusahaan yang dipimpin olehnya menciptakan Halal Eco-System yang sempurna untuk industri halal yang berada di dalam kawasan, terutama kepada IKM yang bergerak di bidang makanan dan minuman, kosmetik dan kesehatan, menyediakan bahan baku halal untuk keperluan industri dalam memproduksi produk halal.
“Selain itu kami memberikan pelatihan kepada IKM dalam memproduksi produk halal dan pemasaran khususnya untuk pasar luar negeri. Kami juga membangun halal supply chain untuk kebutuhan para IKM baik produk kering maupun produk yang memerlukan
penyimpanan dingin untuk pasar dalam dan luar negeri,” pungkas Adi. tis

baca juga :

Koran Global News Edisi 327

Redaksi Global News

Maluku Diguncang Gempa 6,7 SR

Redaksi Global News

Habib Rizieq Ditahan, Simpatisan HRS Diingatkan untuk Tidak Terpancing

Redaksi Global News