Global-News.co.id
Indeks Tapal Kuda Utama

Dampingi Menkopolhukam di Probolinggo, Wagub Emil Tegaskan Pemprov Jatim Tangani Covid-19 Bersama Ulama

Dok
Wagub Emil Dardak

PROBOLINGGO (global-news.co.id) – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mendampingi kunjungan kerja Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD dalam acara Dialog Kebangsaan di Pendopo Kab. Probolinggo, Sabtu (3/10/2020).
Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Hasan Aminuddin, Kasdam V Brawijaya, Bupati Probolinggo, Forkopimda Kab. Probolinggo, para masyayikh, kiai, tokoh agama dan tokoh masyarakat yang berasal dari Kab. Probolinggo dan sekitarnya.
Dalam sambutannya, Emil, sapaan lekat Wagub Jatim mengatakan bahwa dalam hal penanganan Covid-19, Pemprov Jawa Timur senantiasa ingin berjalan senafas dan seiring dengan para ulama. Apalagi saat ini selain masih adanya pandemi Covid-19, tapi juga terjadi pandemi informasi.
Menurutnya pandemi informasi ini muncul karena dengan bebasnya media sosial, berbagai macam teori yang keluar dari berbagai pihak dapat memberikan kebingungan di tengah masyarakat.
“Tentunya pemerintah akan berupaya memberikan informasi yang benar-benar ilmiah dan objektif untuk menjadi panduan, tentunya dengan restu dari para kiai dan para ulama,” katanya.
Saat ini, lanjutnya, secara berangsur-angsur pemerintah terus berupaya mengembalikan kegiatan-kegiatan keagamaan agar kembali dapat dilaksanakan di rumah-rumah ibadah.
Dirinya berharap, ini dapat menjadi contoh bahwa kesehatan bisa diterapkan dalam kegiatan ibadah, namun adakalanya bahwa kegiatan dengan skala tertentu masih memerlukan perhatian serius terutama terkait protokol kesehatan.
“Inilah yang kemudian kami atas nama Pemprov Jawa Timur mewakili Ibu Gubernur, senantiasa terbuka kepada masukan dan saran dari tokoh-tokoh agama tentunya dengan petunjuk dari Menkopolhukam, pemerintah pusat yang memiliki peta yang lebih luas baik lokal maupun global yang terjadi akibat Covid-19,” terangnya.
Pihaknya, lanjut Emil, senantiasa siap berkoordinasi dengan sebaik mungkin termasuk dalam penanganan Covid-19. Ditambah Gubernur Jatim saat ini terus berkeliling untuk memastikan kesadaran protokol kesehatan dengan membagikan masker. Selain itu juga dilakukan berbagai upaya untuk menjaga stabilitas ekonomi melalui program seperti dana bergulir, penyaluran Bansos dari pemerintah pusat, dll.
“Tentunya kami terus berupaya untuk menjaga baik stabilitas kesehatan dan juga stabilitas ekonomi,” terangnya.
Sementara itu, Menkopolhukam Mahfud MD mengingatkan masyarakat  untuk terus mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.
“Bahwa Covid-19 itu ada dua cara menyelesaikannya. Pertama patuhi protokol kesehatan, kedua perbanyak doa karena itu membangun ketenangan. Adapun vaksin alami yakni protokol kesehatan pertama pakai masker, kedua cuci tangan ketiga jaga jarak,” pungkasnya. nas, tri

baca juga :

Langkah Anies Hentikan Terbitkan Izin Keramaian Dipuji DPRD DKI

SKG Siola-MERR Surabaya Raup Omzet Ratusan Juta per Bulan

Disbudpar Jatim Sempurnakan Situs Web “Daksa Budaya” sebagai Promosi