Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

BPKP dan Kemenkes Tetapkan Harga Tes Swab Paling Mahal Rp 900.000

Tim Kemenkes dan BPKP telah menyetujui batas tertinggi biaya pengambilan swab dengan RT PCR mandiri sebesar Rp 900.000

JAKARTA (global-news.co.id) – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) secara resmi menetapkan harga tes swab sebesar Rp 900.000. Harga itu sudah termasuk pemeriksaan dengan metode real-time (RT) Polymerase Chain Reaction (PCR).
Deputi Kepala BPKP Bidang Polhukam dan PMK Iwan Taufik mengatakan, penetapan harga tes swab tersebut telah disepakati pihaknya bersama dengan Kemenkes.
Selain itu, dia mengatakan, BPKP selaku lembaga audit internal negara akan melakukan pengawasan dan kontrol terhadap seluruh kegiatan yang berkaitan dengan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional (PEN).
“Dalam melaksanakan pengawasan tersebut kami memperoleh informasi termasuk pelaksanaan tes PCR ini karena itu sesuai dengan tugas yang sudah diamanahkan kepada BPKP. Kami akan melakukan pengawasan terhadap harga swab test,” ujar Iwan dalam konferensi pers secara virtual, Jakarta, Jumat (2/10/2020).
Sementara itu, Plt Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Abdul Kadir mengatakan, Tim Kemenkes dan BPKP telah menyetujui batas tertinggi biaya pengambilan swab dengan RT PCR mandiri sebesar Rp 900.000. Angka itu dinilai dapat dipertanggung jawabkan sehingga dapat ditetapkan bagi masyarakat.
Selain itu, pihaknya akan mengarahkan Dinas Kesehatan pemerintah daerah baik dari tingkat provinsi hingga kabupaten dan kota untuk dapat melakukan pengawasan terhadap fasilitas kesehatan dalam pemberlakuan harga tertinggi tes swab  dengan RT PCR
“Kami meminta Dinkes provinsi dan kabupaten dan kota untuk dapat melakukan pengawasan terhadap fasilitas kesehatan dalam pemberlakuan harga tertinggi swab test dengan RT PCR,” katanya. ejo, ndo

baca juga :

Setelah Jalani Karantina 14 Hari di Natuna, 65 Warga Jatim Akan Pulang Besok

Redaksi Global News

Paul Munster Keluhkan Masalah Finishing Bhayangkara FC

Redaksi Global News

Libur Nataru, Arus Penumpang melalui Pelabuhan Tanjung Perak Tercatat 91 Ribu Orang

Redaksi Global News