Global-News.co.id
Mancanegara Utama

Bangkok Diguncang Lagi Demo Pro Demokrasi

Suasana demo pro demokrasi di Bangkok Thailand.

BANGKOK (global-news.co.id)-Lebih dari 1.000 demonstran berkumpul di Bangkok, Thailand menjelang unjuk rasa pro demokrasi pada Rabu (14/10/2020). Unjuk rasa ini digelar dengan ketegangan tinggi di Thailand usai penangkapan 21 aktivis pro-reformasi sehari sebelumnya.

Dilansir AFP, Rabu (14/10/2020), para aktivis adalah bagian dari gerakan yang telah mengorganisir demonstrasi sejak Juli, menyerukan perombakan pemerintahan dan pengunduran diri Perdana Menteri Prayut Chan-O-Cha. Beberapa juga menuntut reformasi pada monarki yang tidak dapat diganggu gugat.

Anon Numpa, seorang aktivis terkemuka dan salah satu tokoh kunci yang menuntut reformasi kerajaan – mendesak orang-orang yang berkumpul di Monumen Demokrasi ibu kota untuk tetap tenang dan hormat, dengan iring-iringan mobil yang membawa Raja dan Ratu dijadwalkan lewat pada sore hari.

“Akan ada provokasi dari pihak lain jadi percayalah kepada saya – kami tidak ingin bentrok dengan siapa pun,” katanya. “Saat iring-iringan mobil kerajaan tiba, jangan mengucapkan kata-kata makian.”

Pertemuan itu terjadi sehari setelah polisi bentrok dengan pengunjuk rasa yang menggelar unjuk rasa dadakan di tempat yang sama, menangkap 21 aktivis yang “tidak kooperatif” saat para pejabat berusaha mengosongkan daerah itu untuk iring-iringan mobil Raja Maha Vajiralongkorn.

Puluhan pengunjuk rasa yang tersisa memberikan penghormatan tiga jari saat iring-iringan mobil kerajaan lewat pada hari Selasa, gerakan yang dipinjam oleh gerakan pro demokrasi dari film-film populer “Hunger Games”.

Pada pukul 10.00 waktu setempat, lebih dari seribu pengunjuk rasa berkumpul di sana lagi, kata polisi Bangkok. Sekitar 14.000 polisi dikerahkan untuk mengendalikan situasi.

Beberapa pengunjuk rasa pro-demokrasi mengaitkan senjata untuk membentuk rantai dan mencegah pihak berwenang menghentikan para pemimpin yang menyiapkan panggung Rabu pagi.

“Ini bisa jadi pertarungan terakhir untuk demokrasi Thailand,” kata demonstran berusia 18 tahun, Attaporn yang melakukan perjalanan dari provinsi utara kerajaan Pichit untuk bergabung dalam unjuk rasa.

Pada hari Rabu, ratusan pengunjuk rasa kontra yang mengenakan warna kuning – warna kerajaan – berkumpul di dekat markas besar Tentara Kerajaan Thailand, sekitar satu kilometer dari Monumen Demokrasi.

Sejauh ini, lebih dari dua lusin pengunjuk rasa telah ditangkap dan didakwa dengan penghasutan sebelum dibebaskan dengan jaminan. cnn, afp

baca juga :

Kembali Produksi, Harga Tahu Tempe Naik

Redaksi Global News

Mesir Tengarai Ada Upaya Israel Hendak Kosongkan Gaza

Redaksi Global News

Kakak Menkopolhukam Mahfud MD Wafat, Gubernur Khofifah Takziah ke Rumah Duka

Redaksi Global News