Global-News.co.id
Indeks Tapal Kuda Utama

Warga Jember Syukuran Rayakan Sanksi Terhadap Bupati Faida

Istimewa
Beberapa warga Jember melakukan cukur gundul di halaman gedung DPRD Kabupaten Jember untuk merayakan sanksi dari Gubernur Jember kepada Bupati Faida, Rabu (9/9/2020).

JEMBER (global-news.co.id) – Jatuhnya sanksi Gubernur Jawa Timur terhadap Bupati Jember Faida justru dirayakan oleh warga. Mereka menggelar doa bersama, cukur gundul dan tumpengan di halaman gedung DPRD Kabupaten Jember, Rabu (9/9/2020).

Warga mengawali acara dengan membaca surat Yasin. Acara juga dihadiri anggota DPRD Jember dari Fraksi Partai Nasional Demokrat, David Handoko Seto, dan tokoh Nahdlatul Ulama KH Syaifur Rijal atau Gus Syef. Mereka merelakan diri dipelontos sebagai bagian dari perayaan.

Bupati Faida dijatuhi sanksi administratif berupa larangan menerima hak-hak keuangan, meliputi gaji pokok, tunjangan jabatan, tunjangan lainnya, honorarium, biaya penunjang operasional, dan hak-hak keuangan lainnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, selama enam bulan sejak 2 September 2020.

Sanksi tersebut muncul setelah Gubernur Khofifah menimbang hasil pemeriksaan Inspektorat Jawa Timur terhadap penetapan penyusunan Rancangan Peraturan Daerah Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2020 yang mengalami keterlambatan.

Hasil pemeriksaan Inspektorat menunjukkan bahwa penyebab keterlambatan adalah Bupati Faida. “Terima kasih Ibu Gubernur. Indonesia punya kitab suci yakni undang-undang, aturan yang telah dibuat wakil rakyat. Jalankan itu secara benar. Saya di sini bukan mensyukuri atas sanksi terhadap Faida, tapi atas telah dilaksanakannya hukum yang ada,” kata Gus Syef.

Sementara itu, Kustiono Musri, pemrakarsa aksi, mengapresiasi sanksi tersebut. Sanksi tersebut memperjelas siapa yang bersalah dalam kisruh politik di Jember. “Jadi bukan soal besar kecilnya sanksi,” katanya.

Acara cukur gundul ini juga merupakan aksi simbolik. “Filosofinya tidak ada lagi tempat bersembunyi kutu-kutu yang membuat nakal pikiran kita,” kata Kustiono.

Bahkan, Kustiono sudah menyiapkan acara sembelih kambing jika usulan pemakzulan terhadap Bupati Faida dari DPRD Jember dikabulkan Mahkamah Agung.

“Kambing ini sudah kami beli sejak lama, dan sekarang sudah dipelihara. Sekarang sudah besar. Saking lamanya tidak disembelih, orang yang memelihara sudah teriak-teriak, kapan mau disembelih,” katanya. nas, bjt, ins

baca juga :

Didi Kempot Akan Dimakamkan di Ngawi

Tepis Tudingan Berdioksin, Gubernur Ajak Anggota DPRD Jatim Makan Telur Rebus

Redaksi Global News

Antisipasi Dampak Corona, OJK Siapkan Kebijakan Stimulus Perekonomian

Redaksi Global News