Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Pemkot Gelar Pertunjukan Parade Kesenian Budaya Surabaya Melalui Virtual

Pertunjukan seni dan budaya di Gedung Balai Budaya Surabaya sebelum adanya pandemi Covid-19.

SURABAYA (global-news.co.id) – Meski di tengah pandemi Covid-19, Pemkot Surabaya melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) terus berinovasi agar pekerja seni dan budaya di Kota Pahlawan tetap bisa berkarya dan berkreasi. Tentunya inovasi yang disiapkan itu dengan memperhatikan protokol kesehatan.
Seperti yang berlangsung mulai pekan ini, Disbudpar bakal menggelar pertunjukan perdana bertajuk ‘Parade Kesenian Budaya Surabaya’. Pertunjukan yang digelar mulai 19 September 2020 tersebut, bakal menampilkan beragam kesenian dan budaya yang menarik dengan dikemas melalui virtual.
Kepala Disbudpar Kota Surabaya Antiek Sugiharti mengatakan, bahwa Parade Seni Budaya Surabaya itu digelar mulai 19 September hingga akhir Desember 2020. Nantinya pertunjukan itu akan digelar mulai tiga hingga lima kali dalam satu pekan.
“Misalnya tanggal 19 September besok kita mengambil tema Surabaya Merah Putih, berkaitan dengan perobekan bendera. Akan tampil mulai KPJ (Komunitas Penyanyi Jalanan), ludruk, teater, dan musik dalam suatu kegiatan seni budaya,” kata Antiek, Jum’at (18/9/2020).
Kesenian tradisional seperti wayang orang, karawitan hingga ketoprak juga bakal disuguhkan dalam parade tersebut. Menurut Antiek, setiap momen di pertunjuk1an itu menyajikan tema yang berbeda-beda. Para seniman secara bergantian akan mengisi kegiatan itu. “Artinya dalam tampilan virtual itu seniman kita akan tampil secara bergantian dalam momen dan tema yang berbeda-beda,” terangnya.
Untuk meramaikan pertunjukan yang berlangsung secara virtual tersebut, Disbudpar juga menggandeng beberapa tokoh seniman dan budayawan asal Surabaya. Seperti, Cak Kartolo, Cak Lupus, dan Cak Suro.
Sementara masyarakat dapat menyaksikan pertunjukkan Parade Seni Budaya Surabaya ini mulai pukul 19.00 melalui virtual di beberapa akun media sosial instagram dan kanal youtube milik Pemkot Surabaya. Di antaranya, Sparkling Surabaya, Sapa Warga Surabaya, dan Bangga Surabaya. “Kita juga berkolaborasi dengan beberapa media televisi,” ungkap Antiek.
Antiek menambahkan, dalam pertunjukkan di hari perdana itu, Walikota Surabaya Tri Rismaharini juga bakal hadir. Risma bakal turut serta menyemarakkan acara di pertunjukkan itu. “Tentunya tokoh yang luar biasa ibunya arek-arek Suroboyo juga akan tampil di pertunjukan perdana. Jadi kita tidak sampaikan lokasinya karena kita tayangnya secara virtual,” pungkasnya. pur

baca juga :

Korban Jiwa Laka Lantas di Bojonegoro Tinggi

Redaksi Global News

BNI Ikut Meriahkan Mudik Bersama BUMN 2023, Mudik Dinanti Mudik di Hati

Redaksi Global News

Jelang Satu Abad PSHT, Kapolresta Sidoarjo Gaungkan Jaga Kondusivitas Kamtibmas