Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Indeks Utama

Menteri BUMN Beri Sinyal Ekonomi Baru Akan Stabil pada 2022

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir

JAKARTA (global-news.co.id) – 
Pemulihan ekonomi nasional diprediksi baru kembali pulih pada 2022. Pada tahun itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia dinilai sama dengan kondisi ketika Covid-19 belum menyebar ke Indonesia.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Erick Thohir menyebut, meski World Bank dan Asian Development Bank (ADB) memprediksi pertumbuhan dalam negeri akan positif pada 2021, namun dia meyakini stabilitas ekonomi hanya akan benar-benar terjadi pada pada kuartal I 2022.
“Kita berharap ke depan nantinya, dan sudah banyak riset menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi tahun depan Indonesia, kita lihat dari World Bank, ADB bisa kembali positif. Tetapi ekonomi tumbuh benar-benar itu sama seperti sebelum Covid-19, semua memprediksi kuartal 1 2022,” kata Erick di Jakarta, Selasa (15/9/2020).
Untuk mengejar target tersebut, sejumlah langkah pun dilakukan pemerintah, seperti program stimulus ekonomi kepada sejumlah sektor bisnis dan masyarakat. Hal itu bertujuan untuk mendorong tingkat konsumsi masyarakat dan memberikan penguatan bagi sektor usaha untuk mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19.
“Ekonomi Indonesia tumbuh bila program selanjutnya berjalan baik, masyarakat juga akan bisa bertahan. Ada catatan bahwa hal ini mampu mendorong ekonomi Indonesia,” kata dia.
Upaya lain untuk mendorong stabilitas ekonomi adalah pemerintah juga akan meningkatkan kemampuan produksi sumber daya alam. Pemaksimalan tersebut tidak hanya terbatas pada mineral namun juga pertanian dan maritim.
“Ekonomi dunia akan shifting ke negara selatan seperti Tiongkok, India di beberapa negara Asia dibandingkan di Eropa dan Amerika Serikat. Afrika juga akan potensi karena perdagangan south to south diprioritaskan,” ujar dia. dja, ndo

baca juga :

Menang Besar dari Klub Singapura, Persib di Jalur Yang Benar

Dua Kali Bekuk Curacao, Timnas Indonesia Duduki Peringkat 152 FIFA

Redaksi Global News

Permintaan Warga, Akses Surabaya-Sidoarjo via Rungkut Menanggal Ditutup

Redaksi Global News