Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Jakob Oetama Meninggal Dunia, Gubernur Khofifah Sebut Indonesia Kehilangan Jurnalis Terbaik

 

Gubernur Khofifah Indar Parawansa

SURABAYA (global-news.co.id) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan ucapan belasungkawa dan duka cita mendalam atas meninggalnya Jakob Oetama, Rabu (9/9/2020).  “Secara pribadi dan atas nama Pemprov Jawa Timur saya menyampaikan duka cita mendalam atas kepergian Pak Jakob. Semoga beliau mendapat tempat terbaik disisi Tuhan, diampuni segala dosa dan khilafnya dan diterima segala amal dan kebaikannya,” ungkap Khofifah di Gedung Negara Grahadi.

Khofifah mengatakan, Jakob Oetama adalah salah satu jurnalis sekaligus tokoh pers terbaik yang dimiliki Indonesia. Tentu saja, lanjut Khofifah, meninggalnya Jakob Oetama membawa duka bagi dunia pers Indonesia.  “Saya yakin semua insan pers Indonesia mengenal betul siapa Jakob Oetama. Bahkan apa yang telah diperjuangkan dan diraihnya memberi inspirasi bagi jurnalis-jurnalis muda Indonesia,” imbuhnya.

Khofifah mengatakan, dirinya mengenal Jakob Oetama sebagai sosok jurnalis yang cerdas, humanis, sederhana dan penuh integritas. Inilah kemudian, lanjut Khofifah, yang menjadi modal utama dalam membesarkan Kompas Gramedia. Pendiri Kompas Gramedia sekaligus Pemimpin Umum Harian Kompas Jakob Oetama tutup usia pada Rabu (9/9/2020) pukul 13.05 di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading Jakarta dalam usia 88 tahun.

Terkonfirmasi bahwa Jakob wafat karena mengalami gangguan multi organ. Usia sepuh kemudian memperparah kondisi Jakob hingga akhirnya mengembuskan napas terakhir. Rencananya, jenazah akan dimakamkan Kamis (10/9/2020) di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Pemakaman Jakob Oetama di TMP Kalibata dikarenakan almarhum mengantongi Bintang Mahaputra. Penghargaan itu diberikan oleh Presiden ke-2 Republik Indonesia Soeharto pada tahun 1973. “Jadi Pak Jakob Oetama adalah pemegang Bintang Mahaputra yang diberikan tahun 1973 dalam kapasitas sebagai insan pers dan anggota MPR,” kata Rusdi Amral, Juru Bicara keluarga Jakob Oetama di rumah duka, Jalan Sriwijaya V No 40, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (9/9/2020) petang.

Jakob Oetama yang merupakan Tokoh Pers Nasional akan dimakamkan secara militer di TMPNU Kalibata, Jakarta Selatan. Setelah disemayamkan di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, jenazah akan diserahkan oleh pihak keluarga kepada negara.

Penyerahan jenazah Tokoh Pers Nasional tersebut kepada Negara akan diwakili oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo. “Ketua MPR menyerahkan jenazah ke negara, karena almarhum mendapatkan Bintang Mahaputra sebagai anggota MPR,” kata Rusdi. Sementara itu itu, mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla akan memimpin upacara militer pemakaman Jakob Oetama di TMPNU Kalibata. fan, tri

baca juga :

Jembatani Diaspora, BNI Sukses Bawa UMKM Sidoarjo Ekspor Keripik Singkong ke Belanda

Redaksi Global News

Robert Ingin Kontribusi Positif Pemain Label Timnas

Banjir Landa Mojokerto, Sejumlah Desa Terendam

Redaksi Global News