Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Indeks Utama

BI Beri Peringatan Perlambatan Kredit Masih Akan Terjadi

Perbankan diminta tetap waspada menghadapi tantangan perlambatan ekonomi nasional hingga akhir tahun khususnya bagi penyaluran kredit.

JAKARTA (global-news.co.id) – Bank Indonesia (BI) mengingatkan kepada perbankan untuk tetap waspada menghadapi tantangan perlambatan ekonomi nasional khususnya bagi penyaluran kredit.

Deputi Gubernur BI Dody Waluto menilai, ekonomi yang terkontraksi cukup dalam yakni minus 5,32% pada Kuartal II 2020 masih berdampak pada lambatnya penyaluran kredit hingga beberapa bulan ke depan.

“Ada tantangan penyaluran kredit yang masih minim, sebab rendahnya permintaan domestik sejalan dengan sektor korporasi dan rumah tangga yang masih rendah dan kehati-hatian industri perbankan akibat pandemi masih berlanjut,” kata Dody dalam video virtual, Rabu (23/9/2020).

Meski begitu, kata dia, stabilitas sistem keuangan tetap terjaga, kendati risiko dari meluasnya dampak COVID-19 terhadap stabilitas sistem keuangan terus dicermati. Hal tersebut tercermin dari Rasio kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) perbankan hingga Juli 2020 tetap tinggi yakni 22,96%, dan rasio kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) tetap rendah yakni 3,22% (bruto) dan 1,15% (neto). “Sistem keuangan masih terus terjaga meskipun dilihat risiko penularan covid-19 ke sektor keuangan terus diwaspadai dari waktu ke waktu,” tambah Dody.

Dody melihat, fungsi intermediasi dari sektor keuangan masih lemah akibat pertumbuhan kredit yang terbatas sejalan permintaan domestik yang belum kuat karena kinerja korporasi yang tertekan dan kehati-hatian perbankan akibat berlanjutnya pandemi COVID-19. “Semoga fundamental bisa kita jaga dengan baik,” tandasnya.

Sebagai informasi saja, pertumbuhan kredit pada Agustus 2020 tercatat rendah sebesar 1,04% (yoy), sedangkan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) tercatat 11,64% (yoy) pada Agustus 2020. Selain itu, BI sebelumnya juga mencatat total restrukturisasi kredit perbankan hingga Agustus 2020 telah mencapai 18,64% dari total kredit, ditopang likuiditas yang terjaga.

Berbagai perkembangan ini, disertai akselerasi program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) antara lain melalui penguatan penjaminan kredit oleh Pemerintah, diharapkan dapat mendorong fungsi intermediasi perbankan. Bank Indonesia akan melanjutkan kebijakan makroprudensial akomodatif untuk mendorong penyaluran kredit guna mengakselerasi pemulihan ekonomi. ejo, wah, ins

baca juga :

Piala Dunia 2022: Gulung Kroasia, Argentina ke Final

Redaksi Global News

Peringatan Dwi Windu Masjid Cheng Hoo Meriah, Sumbang Korban Bencana Rp 800 Juta

gas

Fraksi PKS-PBB-Hanura DPRD Jatim Minta KPU Transparan soal Anggaran Pilgub 2024

Redaksi Global News