Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Tuntas Direnovasi, Pedagang di Pasar Nambangan Kini Tak Lagi Mengeluh Kotor dan Banjir

Pasar Nambangan diresmikan, Senin (24/8/2020).
Kondisi Pasar Nambangan baru itu sekarang lebih bersih dan tak lagi mengalami banjir jika hujan deras.

SURABAYA (global-news.co.id) — Pemkot Surabaya terus berupaya untuk memberikan fasilitas kepada para pedagang agar bisa berjualan di tempat yang lebih layak. Salah satu intervensi itu dilakukan kepada para pedagang di Pasar Kali Kedinding Surabaya. Jika dahulu para pedagang harus berjualan di pasar yang kondisinya kumuh dan banjir, kini mereka tak lagi mengalami hal tersebut.
Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, dahulu kondisi para pedagang di Pasar Kali Kedinding harus berjualan di tempat yang kumuh dan kerap kali banjir. Makanya, Pemkot Surabaya kemudian membangun Pasar Nambangan dan merelokasi para pedagang ke tempat baru itu.
“Dulunya (pasar) ada di pinggir jalan. Kalau dulu kita bangun di sana, nanti mereka tidak bisa jualan. Akhirnya kita bangun di sini dan mereka sekarang bisa jualan,” kata Risma saat meresmikan Pasar Nambangan, Senin (24/8/2020).
Menurut dia, kondisi Pasar Nambangan baru itu lebih bersih dan tak lagi mengalami banjir jika hujan deras. Namun begitu, Risma berharap kepada para pedagang agar turut serta menjaga kebersihan pasar. “Kondisinya sekarang bersih. Kalau dulu di sana hujan, kondisinya banjir dan sekarang Alhamdulillah sudah tidak,” katanya.
Pada kesempatan itu, walikota peraih gelar Doktor Honoris Causa dari Tongmyong University, Busan, Korea Selatan itu juga menyatakan pihaknya juga bakal memberikan pendampingan kepada para pedagang. Salah satunya yakni membina para pedagang di Pasar Nambangan untuk membentuk koperasi. Sebab, dia menilai, banyak manfaat yang bisa didapat dengan adanya koperasi tersebut.
“Nanti kita akan ajari bagaimana supaya kulakan murah dan keuntungan lebih besar. Kalau akhir tahun ada keuntungan nanti juga dibagi lagi keuntungannya,” terang Risma.
Namun begitu, di masa pandemi saat ini, Presiden UCLG Aspac itu juga mengingatkan kepada para pedagang agar tetap disiplin menjaga protokol kesehatan. Ia berharap para pedagang di Pasar Nambangan menjaga kesehatan agar mereka bisa tetap berjualan.
“Jaga kebersihan dan disiplin protokol kesehatan supaya pasar bisa terus berlanjut. Saya berharap panjenengan (a
Anda) sehat,” tuturnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Dinkop) Kota Surabaya Widodo Suryantoro menyampaikan, bahwa nantinya para pedagang di Pasar Nambangan akan didampingi untuk membentuk koperasi. Nah, setelah koperasi itu terbentuk, kemudian para pedagang dilatih untuk menjalankan koperasi tersebut.
“Kita dampingi bentuk dulu koperasi, kemudian kita beri pelatihan nanti baru kita terapkan bisnisnya dia seperti apa. Kalau sudah jadi nanti kalau kulakan melalui koperasi itu dan lebih murah,” kata Widodo.
Setidaknya ada sekitar 373 stan di Pasar Nambangan Surabaya tersebut. Para pedagang di pasar itu, tak hanya berasal dari warga sekitar, melainkan penduduk yang ber KTP Surabaya. Namun begitu, para pedagang di pasar itu dominan merupakan pedagang lama yang direlokasi dari Pasar Kali Kedinding sebelumnya.
Widodo menyatakan, bahwa Pemkot Surabaya tak hanya menyiapkan tempat berjualan yang lebih layak kepada para pedagang. Namun, pemkot juga tetap berusaha agar para pedagang itu bisa mendapat keuntungan yang lebih besar. Salah satunya adalah melalui pembentukan koperasi tersebut. pur

baca juga :

Peringati Sumpah Pemuda, Wagub Emil Harap Relevansinya Mampu Tingkatkan Daya Saing Digitalisasi Perekonomian

Redaksi Global News

Adidas Alpes International U-19 2022, Skuad Muda Garuda Raih Tiga Gelar

Redaksi Global News

Renovasi Rumah Terdampak Gempa Tahun Lalu di Lumajang Segera Dimulai

Redaksi Global News