Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Tegaskan Internal Solid, PDIP Tak Mau Usung Calon Sembarangan di Pilkada Surabaya

Dalam konsolidasi pemenangan, Minggu (30/8/2020) di Kota Surabaya, PDIP menegaskan tidak mau mengusung calon secara sembarangan.

SURABAYA (global-news.co.id)  – Kota Surabaya menjadi medan pertarungan politik yang dianggap sangat strategis bagi PDIP. Sebagai parpol yang sudah 20 tahun menguasai Kota Pahlawan, PDIP bertekad memenangkan kembali kontestasi Pilkada Surabaya 2020 pada 9 Desember mendatang. Karena itu, PDIP menggodok secara serius pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Surabaya.
Dalam konsolidasi pemenangan, Minggu (30/8/2020) di Kota Surabaya, PDIP menegaskan tidak mau mengusung calon secara sembarangan. “Bagi PDI Perjuangan, baru menjadi calon saja sudah harus memenuhi kriteria ideologis Pancasilais, memiliki kemampuan teknokratis guna menyelesaikan masalah rakyat, dan bertanggung jawab bagi masa depan,” ujar Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam keterangannya, Minggu (30/8/2020).
Hasto menegaskan Surabaya telah menjadi ikon begitu banyak identitas keberhasilan seperti smart city, the green city, the cultural city, dan begitu banyak identitas lainnya seperti Kota Paling Bersih. “Karena itulah, Kota Surabaya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia akan dijaga dan dilindungi oleh seluruh anggota dan kader partai yang menyatu dengan rakyat untuk dimenangkan dalam Pilkada Serentak 2020 ini,” tuturnya.
Karena itu, tutur Hasto, PDIP tidak ingin Kota Surabaya jatuh ke tangan yang salah ataupun mereka yang hanya mengandalkan modal besar, namun di belakangnya berdiri mereka-mereka yang ingin mengubah tata kota hanya karena berburu kepentingan kapital.
“Kepemimpinan ke depan Kota Surabaya adalah kesinambungan visi dan misi sebagaimana sudah diletakkan oleh Walikota Mas Bambang DH, Bu Risma dan terutama kesinambungan harapan bagi wong cilik agar Surabaya tetap dipimpin oleh mereka yang memiliki jiwa kerakyatan,” katanya.
Hasto bersama dengan Djarot Syaiful Hidayat, Tri Rismaharini, Arif Wibowo ditugaskan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri untuk melakukan konsolidasi. “Jawa Timur ditargetkan kemenangan setidaknya 13 kabupaten/kota. Ini positif dan dengan gotong royong kita capai target tersebut dengan penuh keyakinan,” paparnya.
Dalam konsolidasi tersebut, Hasto juga sempat mengritik media tertentu yang sepertinya menggambarkan ada ‘tarik tambang’ kepentingan yang berbeda antara dirinya dengan Tri Rismaharini. “Tidak ada tarik tambang politik di internal partai. Internal kami solid. Yang ada adalah menarik rakyat agar bebas dari belenggu kemiskinan, ketidakadilan dan kebodohan,” katanya.
Dikatakan Hasto, semua kader PDIP taat kepada keputusan Megawati yang telah mendapat kewenangan dari Kongres Partai untuk mengambil keputusan. “Itulah kultur demokrasi yang kita bangun. Itulah disiplin kita. Taat sepenuhnya keputusan Ketua Umum Partai,” ucapnya.
Sementara itu, Tri Rismaharini menegaskan bahwa untuk menang di Kota Surabaya diperlukan modal sosial. “Modal sosial jauh lebih penting daripada kapital,” katanya. pur, ani, sin

baca juga :

Kasus Covid-19 Melonjak, Taman hingga Tahura se-Surabaya Tutup Sementara

Titis Global News

Raja’e : Covid Terus Menanjak Warga Masih Acuh Tak Acuh 

gas

Raja’ie Minta Kemenag Maksimal Jadi Pengayom Umat

gas