Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

PKS Selesaikan Rekomendasi Pilkada Serentak di Jatim Disertai Pakta Integritas

DPP PKS menggelar Konsolidasi Nasional Pemenangan Pilkada 2020 dengan mengundang pasangan calon kepala daerah yang diusung dan didukung PKS,  Sabtu (29/8/2020).

SURABAYA (global-news.co.id) –
Jelang  dibukanya tahap pendaftaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 19 kabupaten/kota seluruh Jawa Timur pada awal September mendatang, DPP PKS menyerahkan rekom kepada calon yang diusung.
Di antaranya DPP PKS menggelar Konsolidasi Nasional Pemenangan Pilkada 2020 dengan mengundang pasangan calon kepala daerah yang diusung dan didukung PKS,  Sabtu (29/8/2020). Kegiatan tersebut dilakukan secara daring melalui telekonferensi di 34 provinsi. Untuk Jawa Timur sendiri diselenggarakan di Hotel Mercure Grand Mirama Jalan Darmo Surabaya.
Acara tersebut berjalan lancar dengan tetap mematuhi protokol pencegahan COVID-19 yakni memakai masker, menjaga jarak, dan menggunakan hand sanitizer. Sebelum masuk peserta dicek suhu tubuh  terlebih dahulu
Dalam sambutannya Ketua Umum Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Jatim Irwan Setiawan menyampaikan bahwa DPP PKS telah memberikan formulir B1KWK yang telah ditandatangani Presiden PKS dan Sekjen kepada DPW. “Pada kesempatan ini, kami serahkan formulir tersebut kepada para calon, agar bisa segera digunakan sebagai kelengkapan pendaftaran ke KPUD,” ujar Irwan.
Sebelum melakukan serah terima formulir B1KWK, para calon yang hadir dalam pertemuan tersebut menyimak arahan dari Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman PhD yang disampaikan dari Kantor DPP PKS di Jakarta.
Seusai menyimak arahan, para calon kepala daerah/wakil kepala daerah diminta membaca ikrar dan menandatangani pakta integritas di atas kertas bermaterai.
Dalam pakta integritas itu disebutkan komitmen para calon kepala daerah untuk memenangkan pilkada dengan penuh kehormatan, keberkahan dan bermartabat. Juga bersungguh-sungguh menghindari pelanggaran norma agama dan hukum serta nilai etika yang berlaku dalam NKRI.
Selain itu disebutkan pula para calon kepala daerah ini agar bersungguh-sungguh menunaikan semua tugas dan fungsi kepala daerah/wakil kepala daerah dan menolak segala bentuk perilaku koruptif.
Di samping itu, para calon kepala daerah juga diminta berkomitmen bersama PKS menjaga kedaulatan bangsa demi terwujudnya Indonesia yang adil dan sejahtera dalam bingkai NKRI, sesuai Pancasila dan UUD 1945.
“Alhamdulillah semua calon bersedia berikrar dan menandatangani pakta integritas. Memang komitmen calon kepada NKRI, penegakan hukum, pencegahan korupsi, peningkatan kesejahteraan rakyat, serta menjaga nilai dan budaya, menjadi landasan kami dalam menentukan calon yang diusung atau didukung,” ujar Irwan.
Irwan menambahkan, yang tak kalah penting adalah visi misi dan program calon dalam memajukan daerahnya. “Harus jelas dan terukur programnya. Sehingga pilkada dengan anggaran yang besar dan risiko dalam masa pandemi ini, bisa tercapai tujuannya yaitu meningkatkan kesejahteraan rakyat,” terangnya.
Hadir dalam acara yang digelar sejak pukul 09.00 tersebut jajaran Dewan Pengurus Wilayah (DPW), Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW), serta Dewan Syariah Wilayah (DSW) PKS Jatim.
Ketua Bidang Pemenangan Pemilu dan Pilkada (BP3) DPW PKS Jatim Mashuri Harianto menyampaikan total 14 kabupaten/kota sudah diserahkan SK B1 KWK. 1 kabupaten sudah keluar SK DPP, 1 kabupaten masih menunggu proses di DPP. Sedangkan 3 kabupaten dimana PKS tidak memiliki kursi DPRD, 2 diantaranya sudah mengeluarkan SK dukungan dan 1 masih dalam proses.
Mashuri juga menyatakan bahwa setelah tahapan pendaftaran ini, seluruh kader dan jajaran struktur PKS hingga tingkat ranting akan all out memenangkan paslon.
“Kami sudah beberapa kali melakukan Rapat Koordinasi dengan DPD dalam rangka menyiapkan pelatihan penggalangan suara, pelatihan kampanye dan pelatihan saksi. Modelnya tentu kami sesuaikan dengan era pandemi. Sehingga setelah kepastian calon ini, semua kader PKS siap bergerak dan masuk menjadi tim besar pemenangan paslon,” pungkas Anggota DPRD Jember ini. cty

Berikut Daftar Pasangan Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang diusung dan didukung PKS

1. Kab Sidoarjo
Ir H Bambang Haryo Soekartono – H Moh Taufiqulbar MSi.

2. Kota Surabaya
Irjen Pol (P) Drs Machfud Arifin SH – Ir Mujiaman

3. Kota Pasuruan
Drs H Saifullah Yusuf – Adi Wibowo STP, MSi.

4. Kab Banyuwangi
Yusuf Widyatmoko S Sos – KH Muhammad Riza Aziziy M IEB

5. Kab Situbondo
Ir H Yoyok Mulyadi MSi – Drs H Abu Bakar Abdi Apt,  MSi

6. Kab Jember
H Hendy Siswanto – KH Muh Balya Firjaun Barlaman

7. Kab Blitar
Abdul Munib SI. – Niko Bagus Karuniawan SPd

8. Kab. Kediri
H Hanindhito Himawan Pramana SH – Dewi Mariya Ulfa ST

9. Kota Blitar
Henry Pradipta Anwar – Yasin Hermanto SE.

10. Kab. Pacitan
Indrata Nur Bayuaji SS – Gagarin S Sos

11. Kab. Ponorogo
Drs H Ipong  Muchlissoni – Bambang Tri Wahono SH, MM

12. Kab. Ngawi
H Ony Anwar ST, MH – Dwi Riyanto Jatmiko MH, MSi

13. Kab. Mojokerto
dr Hj Ikfina
Fahmawati MSi. – H. Muhammad Al Barra Lc, MHum

14. Kab. Tuban
Aditya Halindra Faridzky SE – H Riyadi SH

15. Kab. Lamongan
DR H Yuhronur Efendi MBA – Drs KH Abdul Ro’uf MAg

16. Kab. Gresik
H Fandi Ahmad Yani SE –
Dra Hj Aminatun Habibah MPd

17. Kab. Sumenep
Achmad Fauzi SH – Hj Dewi Khalifah SH, MH

 

 

baca juga :

SIG Sabet Penghargaan Top Sustainable Development Goals pada Ajang TOP SDGs Award 2022

Redaksi Global News

Pedagang Terompet Bakal Dirazia Serentak

Redaksi Global News

Piala Thomas 2022: Indonesia Matangkan Persiapan Jelang Laga Puncak