Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Hari Ini Wisata Gunung Bromo Mulai Dibuka, Khofifah Sebut Terapkan Sistem Kuota

Kawasan wisata alam Bromo -Tengger – Semeru secara bertahap mulai dibuka, Jumat (28/8/2020) hari ini.

SURABAYA (global-news.co.id) – Reaktivasi kawasan wisata alam Bromo -Tengger – Semeru secara bertahap mulai dibuka, Jumat (28/8/2020) hari ini.
Pembukaan kembali kawasan wisata ini setelah melalui diskusi virtual dengan pemerintah pusat sampai adanya rekomendasi dan kesepakatan empat kepala daerah Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Pasuruan serta Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa dalam pembukaan kembali wisata di TNBTS ini sementara hanya untuk kawasan Gunung Bromo.
Sedangkan untuk Gunung Semeru masih belum dibuka kembali. “Wisata Gunung Bromo dibuka mulai hari ini. Pada prinsipnya reaktivasi kembali kawasan wisata alam Gunung Bromo ini berdasarkan rekomendasi empat kepala
daerah serta Balai Besar TNBTS yang sepakat untuk membuka kembali destinasi pariwisatanya dengan mempertimbangan penerapan protokol kesehatan yang ketat.
Jika salah satu tidak setuju maka tidak bisa dilaksanakan. Oleh karena itu tanggung jawab menjaga kapasitas wisatawan serta protokol kesehatan harus di monitor oleh semua pihak baik empat pemkab maupun TN- BTS,” kata Khofifah, Jumat (28/8/2020).
Reaktivasi wisata alam Gunung Bromo ini dilakukan bertahap dengan menerapkan sistem kuota pada wisatawan yang berkunjung. Kontrol kuota jumlah wisatawan ini dilakukan melalui sistem pembelian tiket wisata secara online.
Tiket online bisa diperoleh pengunjung dengan memesan di situs bookingbromo.bromotenggersemeru.org. Hanya wisatawan yang sudah melakukan
booking online dan mendapatkan tiket yang bisa berkunjung ke kawasan wisata
Gunung Bromo. “Saya beberapa hari ini juga sudah berkoordinasi dengan tokoh tetua Suku Tengger bahwa akan ada check point di titik-titik masuk kawasan Gunung Bromo. Misalnya di Ngadisari kalau via Probolinggo , akan ada tim yang mengecek wisatawan, misalnya akan menginap dimana, di home stay atau di hotel mana, lalu akan ada tim yang
monitor agar semua terjaga dengan baik,” tegas Khofifah.
Lebih lanjut, reaktivasi wisata alam Gunung Bromo ini menerapkan sejumlah SOP kunjungan wisata yang telah bersama-sama disusun oleh Balai Besar TNBTS dengan penerapan adaptasi kebiasaan baru.
Selain booking online, wisatawan yang ingin menikmati wisata alam TNBTS juga
dibatasi usia. Yaitu lebih dari 14 tahun dan maksimal 60 tahun. Selama ada di kawasan wisata, wisatawan juga diwajibkan menggunakan perangkat
protokol kesehatan seperti masker, diwajibkan menggunakan sarung tangan selama berada di kawasan wisata, dicek suhu badannya, dan diwajibkan menjaga jarak serta tidak berkerumun.
Serta juga diterapkan pembatasan kuota wisatawan di setiap site yang diizinkan untuk direaktivasi. Seperti site bukit cinta hanya 28 orang per hari, site Penanjakan hanya 178 orang per hari, site bukit Kedaluh hanya 86 orang per hari, site Savana Teletubies hanya 347 orang per hari, dan site Mentigen hanya 100 orang per hari.
Sedangkan untuk kawah Bromo masih dilarang untuk dikunjungi. Hal tersebut berdasarkan rekomendasi dari Pusat Vulkanologi, Mitigasi dan Bencana  geologi (PVMBG) PGA Cemoro Lawang. Dalam rekomendasi itu dituliskan bahwa dilarang mengunjungi Kawah Bromo dengan batas radius aman 1 kilometer dari kawah Bromo.
Demi penerapan protokol kesehatan di kawasan Wisata Gunung Bromo,
Khofifah telah mengedrop ribuan masker bagi pengelola wisata, masyarakat suku
Tengger, dan juga masyarakat yang mengelola wisata di kawasan Bromo.
Selain masker, yang dititipkan juga adalah vitamin dan hand sanitizers. Khofifah ingin
bahwa protokol kesehatan tetap ketat diberlakukan dalam reaktivasi kawasan wisata Bromo. “Kami pesan kalau misal jumlah masker di sana sudah mulai menipis maka segera kontak Satgas COVID-19 agar langsung kita kirimkan,” tegas Khofifah.
Dengan reaktivasi bertahap, bertingkat dan berlanjut untuk sektor pariwisata khususnya Gunung Bromo ini perekonomian Jatim secara bertahap bisa terdongkrak. fan, tri

baca juga :

Razia Wujudkan Lapas Tanpa Halinar, Petugas Temukan Senjata Tajam Rakitan

Redaksi Global News

Stabilkan Harga Beras, Gubernur Khofifah Gencarkan Operasi Pasar

Redaksi Global News

Kekurangan Zat Besi Jadi Ancaman Generasi Emas Indonesia

Redaksi Global News