Global-News.co.id
Indeks Tapal Kuda Utama

Citilink Siap Buka Rute Banyuwangi-Denpasar PP

Maskapai penerbangan nasional Citilink akan melakukan penerbangan perdana rute Banyuwangi-Denpasar pada 28 Agustus 2020.

BANYUWANGI  (global-news.co.id)– Konektivitas ke Banyuwangi segera bertambah. Maskapai penerbangan nasional Citilink akan melakukan penerbangan perdana rute Banyuwangi-Denpasar pada 28 Agustus 2020 .

Penerbangan dari Bandara Banyuwangi (BWX) ke Bandara Ngurah Rai (DPS) pergi pulang tersebut bakal dijadwalkan setiap hari. Penerbangan rute tersebut akan dilayani dengan pesawat ATR 72-600 oleh maskapai Citilink. Rute ini juga menyambung hingga ke Lombok.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyambut hangat dibukanya rute baru ini, apalagi Bali merupakan tujuan pariwisata nasional yang sudah sangat ternama. Anas berharap dengan dibukanya rute ke Bali di tengah terpukulnya sektor pariwisata saat ini akan berdampak positif bagi Banyuwangi. “Kami sangat senang Banyuwangi bisa terhubung dengan Bali sebagai pusat pariwisata nasional. Kami berharap ini akan berdampak pada peningkatan ekonomi lokal,” kata Anas, Rabu (26/8/2020).

Dibukanya rute penerbangan ini, kata Anas, akan berdampak pada menggeliatnya pariwisata daerah. Untuk itu, Anas berharap kepada semua pelaku pariwisata untuk tidak lupa dan terus disiplin menjalankan protokol kesehatan secara ketat.   “Pariwisata yang bergerak tetap harus waspada pada COVID-19. Jangan hanya bandara yang ketat melakukan protokol kesehatan, namun para wisatawan dan pelaku wisata tetap harus diingatkan untuk disiplin pada protokol kesehatan,” kata Anas.

Kebijakan mendorong dibukanya kembali penerbangan rute Banyuwangi-Bali PP itu tak lepas dari keputusan dalam rapat koordinasi (rakor) yang dipimpin Menteri Koordinator (Menko) Bidang Maritim dan Investasi (Maves) Luhut Binsar Pandjaitan beberapa waktu  lalu. Pada kesempatan tersebut Luhut menginstruksikan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) segera membuka kembali penerbangan rute Banyuwangi-Denpasar PP.

Menurut Luhut, penerbangan rute Banyuwangi-Denpasar tersebut akan sangat mempengaruhi pengembangan pariwisata di era adaptasi kebiasaan baru (new normal).  “Penerbangan rute ini akan sangat mendukung pengembangan pariwisata. Bukan hanya untuk Banyuwangi, tetapi juga untuk Indonesia secara umum,” ujarnya.

Sementara itu, District Sales Manager Citilink Banyuwangi Dadang Teguh Setiawan mengatakan penerbangan perdana rute Banyuwangi-Bali PP ini akan berlangsung pada 28 Agustus besok. “Kami berharap ini bisa mengungkit sektor pariwisata kedua daerah. Kami berharap, rute ini kembali diminati penumpang seperti dulu. Semoga dilancarkan,” kata Dadang.

Untuk rute Denpasar-Banyuwangi PP ini, Citilink akan terbang setiap hari dengan pesawat jenis ATR 72-600 berkapasitas 72 seat. Ditambahkan Dadang, jadwal Banyuwangi – Denpasar 07.35 WIB – 09.15 WITA dan dari Denpasar – Banyuwangi : 12.55 WITA – 12.45 WIB.

“Rute pesawat ini sebenarnya menghubungkan sejumlah kota. Dimulai dari Surabaya, lalu terbang ke Banyuwangi, lanjut ke Denpasar, selanjutnya menuju Lombok, dan rutenya PP. Jadi, sebenarnya penumpang dari Banyuwangi bisa menuju Lombok dan sebaliknya,” pungkas Dadang. tyo

baca juga :

Peserta Bertambah, Program ‘CSR’ Ubhara Kian Diminati

Tahun Buku 2020, Bank Jatim Salurkan Dana PEN Rp 6,86 Triliun

Titis Global News

Sebanyak 18.623 Pelajar Sudah Divaksin, Pemkot Gelar Vaksinasi di Puluhan Titik Lokasi SMP di Surabaya

Titis Global News