Global-News.co.id
Indeks Mancanegara Utama

Abaikan Kemarahan Tiongkok, Menkes AS Nekat Temui Presiden Taiwan

AFP
Menteri Kesehatan (Menkes) Amerika Serikat (AS) Alex Azar bertemu dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, Senin (10/8/2020).

TAIPEI (global-news.co.id) – Menteri Kesehatan (Menkes) Amerika Serikat (AS) Alex Azar bertemu dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, Senin (10/8/2020). Menteri di kabinet Presiden Donald Trump ini sudah tiba di Taipei hari Minggu dan mengabaikan kemarahanTiongkok.
Tiongkok yang menganggap Taiwan sebagai provinsinya yang membangkang mengecam keras kunjungan Menkes Amerika. Beijing telah berkali-kali mendesak Washington menghormati prinsip satu-Tiongkok dengan tidak melakukan interaksi resmi atau tidak resmi dengan Taiwan.
Kunjungan Azar akan berlangsung tiga hari untuk mempromosikan nilai-nilai demokrasi bersama serta keberhasilan Tawian itu dalam menjinakkan pandemi virus corona baru (COVID-19).
Kunjungan Azar dilakukan ketika hubungan antara Amerika Serikat dan Tiongkok sedang dalam kekacauan, di mana kedua belah pihak bentrok karena berbagai masalah mulai dari perdagangan, militer dan keamanan, serta pandemi COVID-19.
Tiongkok telah menggambarkan kunjungan Azar sebagai ancaman bagi “perdamaian dan stabilitas”.
“Perjalanan ini merupakan pengakuan atas keberhasilan Taiwan dalam memerangi COVID-19 dan bukti kepercayaan bersama bahwa masyarakat terbuka dan demokratis paling siap untuk memerangi ancaman penyakit seperti COVID-19,” kata seorang pejabat Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS kepada wartawan di Washington sebelum kunjungan Azar ke Taipei.
Selain bertemu dengan Presiden Tsai, Azar akan mengadakan pembicaraan dengan mitranya; Chen Shih Chung dan Menteri Luar Negeri Joseph Wu.
Taiwan telah menjadi “anak poster” untuk mengalahkan virus corona berkat program track dan tracing yang diasah dengan baik serta kontrol perbatasan yang tegas. zis, ine, ins

baca juga :

Jika Malas Bekerja, Bupati Pamekasan Sarankan ASN Pensiun Dini

gas

Liga 1: Tambah Daya Gedor, Persik Datangkan Eks Top Skorer AFC Cup

Walikota Eri : Lawan…!!!! Gangster Yang Resahkan Surabaya

Redaksi Global News