Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Indeks Utama

12 Juta Pekerja Siap Terima Transferan BLT

Sebanyak 12 juta data dari 15,5 juta pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp 600 ribuĀ  telah terverifikasi dan terdata nomor rekening pribadi mereka.

JAKARTA (global-news.co.id) – Kementerian Keuangan sudah mencatat ada 12 juta data dari 15,5 juta pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp 600 ribu yang telah terverifikasi dan terdata nomor rekening pribadi mereka. Sementara sisanya sekitar tiga juta masih menunggu hasil verifikasi.
Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Nathan Kacaribu mengatakan, tiga juta pekerja tersebut umumnya berasal dari sektor informal.
“Saat ini ada 12 juta yang sudah daftar dan peserta sudah secara mandiri melapor ke BPJS Ketenagakerjaan soal nomor rekeningnya. Kalau dia lapor nomor rekeningnya, uang Rp 2,4 juta itu bisa ditransfer. Nah tiga juta sisanya, sampai dengan saat ini masih menunggu,” kata Febrio dalam diskusi virtual, Rabu (19/8/2020).
Pemberian BLT ini berasal dari realokasi anggaran di setiap kementerian dan lembaga. Adapun, subsidi gaji diberikan pada pekerja non PNS dan non BUMN yang pendapatannya di bawah Rp 5 juta per bulan.
“Subsidi gaji selama empat bulan ini dibagikan sebagai bantuan sosial akibat pandemi,” jelasnya.
Dia menambahkan, realokasi anggaran ini juga sesuai dengan tujuan pemberian PPh 21 untuk karyawan.
“Jadinya sangat matching karena tadinya buat PPh 21. Tapi untuk karyawan harusnya berbentuk cash karena ada kendala masalah administrasi dan teknis sehingga sekarang lebih masuk akal buat subsidi gaji melalui data BPJS Ketenagakerjaan dan datanya lebih bagus,” tandasnya. ejo, sin

baca juga :

Liga 1: Kevin Ray Mendoza Merasa Terhormat Masuk Team of The Week

Redaksi Global News

Tahun Ini Pamekasan Sediakan Rp 15 Miliar Untuk UMKM dan Wira Usaha Baru

gas

Tren Positif, Pelatih Bali United Fokus Hadapi Maung Bandung

Redaksi Global News