Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Pemprov Jatim Terapkan Istilah Baru Kemenkes bagi ODP, PDP dan OTG

Gubernur Khofifah Indar Parawansa

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemprov Jawa Timur menerapkan istilah baru pengganti Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan Orang Tanpa Gejala (OTG) yang biasa didengar pada masa pandemi COVID-19 ini.
Istilah ODP selanjutnya digantikan dengan kasus suspect atau suspek, PDP digantikan dengan kasus probable dan OTG digantikan dengan kasus Konfirmasi tanpa gejala (asimptomatik).
Seperti diketahui, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) beberapa waktu lalu telah menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19.
Dalam Kepmenkes tersebut, terdapat delapan istilah baru yang secara resmi digunakan. Delapan istilah baru tersebut yaitu kasus suspek, kasus probable, kasus konfirmasi, kontak erat, pelaku perjalanan, discarded, selesai isolasi dan kematian.
“Jatim segera melakukan penyesuaian, agar data dan laporan yang disampaikan sinkron dengan pemerintah pusat,” ungkap Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (17/7/2020).
Khofifah mengatakan setelah menerima salinan Kepmenkes tersebut, Pemprov Jatim segera bergerak cepat dengan menyosialisasikannya kepada seluruh Dinas Kesehatan kabupaten/kota dan Rumah Sakit Rujukan.
“Segera kami sosialisasikan agar seluruh masyarakat bisa beradaptasi dengan istilah baru tersebut. Jangan sampai di lapangan terjadi kebingungan dan kesalahan penyebutan dan pemahaman karena dampaknya pada angka kasus daerah,” tuturnya.
Perubahan istilah, lanjut Khofifah, juga dilakukan pada website yang selama ini menjadi kanal komunikasi penyebarluasan informasi mengenai COVID-19 yaitu http://infocovid19.jatimprov.go.id. Perubahan tengah dilakukan secara bertahap dengan masa transisi selama 1 minggu.
Sementara itu, Gubernur Khofifah juga telah berkoordinasi secara virtual dengan Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Fachmi Idris.
Secara khusus, Khofifah meminta BPJS Kesehatan untuk memberikan asistensi atau pendampingan ke berbagai RS Rujukan COVID-19 Jatim sebagai upaya penanganan permasalahan klaim pasien yang sering terjadi selama ini.
“Sehingga proses yang masih terkendala, khususnya dalam hal reimbursnya bisa segera dipercepat. Jangan sampai timbul selisih paham saat RS mengajukan klaim atas pasien COVID-19 agar senua pihak dapat melaksanakan tugas dengan baik,” imbuhnya. fan, tis

baca juga :

Polsek Torjun Berduka Atas Meninggalnya Pemuda yang Tenggelam di Sungai Desa Jeruk Porot

gas

Jumlah ASN di Pemkot Surabaya Berkurang 2.227 Orang

GLOBAL NEWS EDISI 232 (13-19 Februari 2020)

Redaksi Global News