Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Indeks Utama

Kuartal I, BUMN Sudah Setor Rp 86,85 Triliun ke Negara

 

Menteri BUMN Erick Thohir saat rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI.

JAKARTA (global-news.co.id) — Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah menyetorkan dana Rp 86,85 triliun kepada negara pada kuartal I/2020, dengan perincian setoran pajak Rp 55,51 triliun dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp 31,34 triliun.

Hal tersebut diungkapkan Menteri BUMN Erick Thohir saat rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI, Rabu (15/7/2020). Menurutnya, pembayaran pajak dan PNBP merupakan wujud komitmen BUMN dalam menjaga arus kas negara.

“Terlepas dari kondisi COVID-19, kami (BUMN) ingin menjaga cashflow pemerintah jadi kami tetap bayar (pajak) tepat waktu,” tuturnya dalam rapat yang disiarkan langsung via platform digital, Rabu (15/7/2020).

Dalam periode tersebut para perusahaan pelat merah juga menyetor Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp 31,34 triliun. Sementara untuk setoran pajak sepanjang 2019 lalu, Erick menyebut total pajak yang diberikan BUMN mencapai Rp 283 triliun dan PNBP sebesar Rp 136 triliun.

Menurut Erick, hal ini membuktikan bahwa proses yang dilakukan antara BUMN dan pemerintah merupakan transaksi dua sisi, yang mana BUMN memastikan pihaknya turut berkontribusi kepada pemerintah.

“Jadi yang kami lakukan juga berusaha memberikan manfaat kepada pemerintah. Dengan segala kerendahan hati, utang yang kita tagihkan saat ini sangat amat diperlukan untuk kami dan BUMN terus menjaga pelayanan kepada publik sendiri,” tutur Erick.

Utang yang dia maksudkan adalah permintaan pencairan utang pemerintah kepada para perseroan pelat merah yang menjalankan program public service obligation, subsidi, serta penugasan lainnya.

BUMN tersebut di antaranya ialah PT PLN (Rp 48,36 triliun), PT Pertamina (Rp 45 triliun), BUMN Karya (Rp 12 triliun), PT Pupuk Indonesia (Rp 6 triliun), PT KAI (Rp 560 miliar), Perum Bulog (Rp 300 miliar). Secara total permintaan pencairan utang pemerintah ke BUMN sekitar Rp 113,48 triliun. dja, yan, ndo

baca juga :

HUT ke-75 Kemerdekaan RI, Risma Optimistis Kota Surabaya Mampu Keluar dari Pandemi COVID-19

Redaksi Global News

Pak Basuki Naik Perahu Beri Bantuan ke Korban Banjir

gas

Pemkot Akan Lelang Mobdin DPRD Surabaya

nasir nasir