Global-News.co.id
Indeks Pendidikan Utama

Hari Pertama UTBK Unair Berjalan Lancar meski Ada Syarat Rapid Test

Pelaksanaan Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) serentak di Unair, Minggu (5/7/2020).

SURABAYA (global-news.co.id) — Siswa-siswi SMA se-Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi mulai melakukan Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) serentak, Minggu (5/7/2020).
Sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, UTBK 2020 kali ini digelar di tengah pandemi COVID-19. Syarat-syarat pemenuhan protokol kesehatan menjadi hal utama dalam pelaksanaanya. Bahkan di Surabaya, pemerintah kota mewajibkan peserta UTBK melakukan rapid test terlebih dahulu.
Ketua Tim Pelaksana UTBK 2020 sekaligus Rektor Unair Prof Dr Mohammad Nasih SE, MT, Ak dalam keterangannya seusai memantau pelaksanaan UTBK di Unair dan seluruh Indonesia melalui daring menyatakan bahwa secara umum pelaksanaan UTBK 2020 berjalan lancar. Meski sebenarnya tahun 2020 ini begitu sulit dengan pertimbangan banyak hal, UTBK hari pertama secara keseluruhan berjalan baik. Termasuk terkait dengan masalah server dan jaringan.
”Berjalan semua, tadi sudah mengecek server juga sudah berjalan semua. Seratus persen sudah aktif. Ada beberapa kendala satu dua, tapi sudah bisa diatasi,” katanya.
Khusus untuk yang di Unair, tutur Prof Nasih, sempat terjadi kendala sebelum ujian. Banyak peserta dan pengantar datang terlalu pagi, sementara pintu gerbang di sejumlah lokasi belum dibuka. Karena itu, peserta dan pengantar terlihat ada penumpukan. Meski demikian, secara umum pelaksanaan di pusat UTBK Unair berjalan baik.
“Ada satu dua barangkali yang agak terlambat, tapi tetap bisa masuk karena masih pada batas toleransi,” tambahnya.
Prof Nasih mengaku seusai menerima surat imbauan dari Pemkot Surabaya soal hasil rapid test sebagai syarat ujian, pihaknya langsung berkoordinasi dengan sejumlah pihak. Termasuk di antaranya dengan beberapa pemimpin daerah di Jawa Timur.
”Alhamdulliah beberapa pemimpin daerah langsung merespons. Mereka tidak mengirimkan rapid test-nya ke sini, tapi memberikan pelayanan langsung di lokasi masing-masing. Ada Gresik, Lamongan, Sidoarjo, Kediri, Banyuwangi justru lebih awal. Dan, beberapa daerah lain,” ujarnya.
Prof Nasih menjelaskan bagaimanapun pihaknya bertanggung jawab agar UTBK itu tetap berjalan dan bisa dilaksanakan dengan baik. Karena itu, tentu pihaknya harus mendukung penuh dan kemudian mencari bermacam-macam sumber rapid test ke berbagai pihak. Misalnya berkoordinasi dengan PUSPAS Unair, rumah sakit serta tentu dengan berbagai mitra lainnya.
”Kami berharap semoga nanti dapat di angka 20 ribu rapid test sehingga 60-70 persen peserta yang ada di Unair bisa dilayani dengan sebaik-baiknya. Ini pemeriksaannya gratis. Tapi, ya jangan semuanya ke sini, yang di daerah bisa memanfaatkan yang ada di daerah,” sebutnya.
Prof Nasih menjelaskan semalam dapat bantuan dari BIN 4 ribu rapid test, ada pagi tadi pagi dapat bantuan dari BPBD Jawa Timur “Alhamdulillah 2 ribu rapid test dan sejumlah APD, masker, hand sanitizer,” imbuhnya.
Prof Nasih mengungkapkan bahwa jika berkaca pada hari pertama sesi pertama UTBK, pihaknya optimistis rapid test yang tersedia bisa mewadahi peserta UTBK. Dengan perhitungan pada sesi pertama di dua lokasi rapid test Unair, jumlah peserta rapid test 60 orang.
”Anggap saja sehari 200 orang, kita kemungkinan bisa melayani sampai akhir pelaksanaan UTBK ini berkaitan dengan rapid test. Kami sangat bersyukur paling tidak yang sudah berkomitmen dan barangnya sudah di dekat-dekat sini sudah di angka 6.500 rapid test 7.000-an yang bisa kita manfaatkan,” tambahnya.
Sementara itu, Penanggung Jawab lokasi UTBK di Fakultas Farmasi Unair Prof Dr Dwi Setyawan SSi, MSi, Apt menyampaikan bahwa panitia juga menyediakan fasilitas pendukung bagi peserta di ruang ujian. Di antaranya, masker, sarung tangan plastik, bolpoin, cairan disinfektan dan hand sanitizer.
”Jadi untuk berjaga-jaga, kami juga menyediakan masker, sarung tangan plastik. Jika ada sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi,” ujarnya.
Di sisi lain, Reza Camilia, salah seorang peserta UTBK asal Magetan, mengaku sangat panik mendengar syarat rapid test bagi peserta UTBK di Surabaya. Dia mengaku baru kemarin mengetahui syarat itu dari Talk Show IG yang digelar Unair bersama Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak.
”Sempat panik, tahunya kemarin dari IG TV. Makanya, langsung ke sini mau rapid test,” ungkapnya di Airlangga Convention Center (ACC) Kampus C , Minggu  (5/7/2020) pagi.
Reza yang datang dengan ditemani kakaknya mangaku cukup lega bahwa di Unair disediakan rapid test gratis bagi peserta UTBK. Walau demikian, dia juga harus menerima tidak bisa melakukan rapid test Minggu (5/7/2020) hari ini meski sudah datang ke lokasi rapid test di ACC. Mengingat, sesuai prosedur, pemeriksaan rapid test bisa dilakukan sesuai jadwal ujiannya.
”Saya jadwal ujiannya baru 6 Juli 2020 di kampus C sini. Jadi, besok saya datang lebih awal lagi,” tuturnya. tri, tis

baca juga :

Konferensi Pers Kali Pertama 2021, Bupati Magetan Beber Program Unggulan

Redaksi Global News

Sambil Sosialisasi, Transmart Peringati HUT Ke-4 di Camplong

Redaksi Global News

Warga Surabaya Bisa Curhat pada Pejabat Pemkot Mulai Jumat