Global-News.co.id
Gresik-Sidoarjo-Mojokerto Indeks Utama

Wagub Jatim Tinjau PT Aneka Coffee Industry, Berikan Apresiasi karena Terapkan Physical Distancing

Wagub Emil Elestianto Dardak melakukan kunjungan kerja ke pabrik kopi bubuk PT Aneka Coffee Industry di Sidoarjo, Jumat (5/6/2020).

SIDOARJO (global-news.co.id) – Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak
mengapresiasi langkah dunia usaha yang ikut menerapkan physical distancing secara ketat dalam menghadapi pandemi COVID-19 di Jawa Timur. Salah satu dunia usaha yang diapresiasi adalah PT Aneka Coffee Industry yang berlokasi di Kab Sidoarjo.
Untuk mengetahui kondisi sebenarnya, Wagub Emil Elestianto Dardak pun melakukan kunjungan kerja ke pabrik kopi bubuk tersebut, Jumat (5/6/2020).
Menurut Wagub Emil Dardak, dirinya sangat  mengapresiasi atas
kepatuhan dan kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan para karyawan PT Aneka Coffee Industry. Persoalan physical distancing maupun penerapan protokol kesehatan menjadi hal yang harus dilakukan guna memutus rantai penyebaran COVID-19 di perusahaan.
Khusus kepada direksi dan karyawan di PT Aneka Coffee Industry, Emil Dardak
pun mengingatkan agar terus menerapkan disiplin dan patuh terhadap aturan kesehatan yang ada. Bahkan, pihaknya menceritakan, bahwa terdapat salah satu karyawan perusahaan di Jatim yang kurang tertib menerapkan protokol kesehatan, sehingga berdampak negatif bagi seluruh perusahaan.
“Maka, tertib dan disiplin memakai masker, menjaga jarak, menggunakan hand sanitizer dan mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas pekerjaan sangat penting dilakukan,” jelasnya.
Kunjungan Emil Dardak ke perusahaan tersebut bukan tanpa alasan. Karena
sektor industri terbukti menjadi tulang punggung bagi ekonomi di Jatim. Pihaknya mengaku bangga terhadap peran industri di Jatim yang mampu menyumbangkan devisa melalui ekspor ke beberapa negara seperti Jepang.
Emil Dardak mengaku kagum, di saat penurunan pangsa pasar domestik, ternyata perusahaan tersebut bisa meningkatkan pangsa pasar keluar negeri seperti Jepang hingga Tiongkok. Apalagi, produk yang dihasilkannya memiliki nilai pasar tinggi dan mempekerjakan banyak orang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.
“Aneka Coffee Industry ini, juga mendukung peran UMKM yang telah menyuplai bahan baku. Perusahaan ini menjadi contoh keterkaitan antara industri dan UMKM, sekaligus memberi keteladanan penerapan protokol kesehatan ditengah Pandemi COVID- 19,” terangnya.

Gandeng Serikat Pekerja
Usai melakukan kunjungan, didampingi Direktur PT Aneka Coffee Industry Hutama
Subandhi, Wagub Emil Dardak pun menyampaikan, bahwa kesuksesan penerapan disiplin kerja di perusahaan Aneka Coffee Industry tersebut merupakan kerja bareng dengan serikat pekerja seperti SPSI.  “Jadi antar pegawai terdapat solidaritas untuk bersama-sama saling mengingatkan menjaga kesehatan dan kepatuhan terhadap aturan protokol kesehatan,” terangnya.
Tak hanya itu, ketika salah satu karyawan perusahaan ada yang terindikasi reaktif
COVID-19, maka jajaran direksi langsung melakukan tracing sendiri terhadap pegawai yang tinggal di radius 100 meter dari pabrik dan langsung dilakukan rapid test hingga swab. “Peran serta dari industri untuk mengendalikan dan memutus penyebaran menjadi tauladan yang harus diikuti di tempat lain,” tuturnya.
Dalam kesempatan itu, Wagub Emil Dardak pun berkesempatan untuk
mengunjungi ruang Control Room Pegawai sesuai Standart Operasional Prosedur (SOP) yang diberlakukan. Termasuk meninjau ruang produksi PT. Aneka Coffee Industry. sir, tri

baca juga :

Cheng Hoo Bantu Logistik Kesehatan ke Bangkalan Melalui PWNU Jatim

gas

Puncak Waisak di Solo Pentaskan ‘Lotus Sutera’

Berikan Edukasi Prokes, Kapolresta Sidoarjo Susuri Kawasan Kerumunan

Redaksi Global News