Global-News.co.id
Gresik-Sidoarjo-Mojokerto Indeks Utama

Wagub Emil Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan Dunia Usaha

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak berkesempatan berkunjung ke PT Etex Building Performance Indonesia di Jl Indro No 1, Kab Gresik, Sabtu (6/6/2020).

GRESIK (global-news.co.id) — Setelah sebelumnya berkunjung dan memantau
pemberlakuan protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19 di beberapa dunia usaha di Kabupaten Sidoarjo, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak berkesempatan berkunjung ke PT Etex Building Performance Indonesia di Jl Indro No 1, Kab Gresik, Sabtu (6/6/2020).
Selain memantau penyelenggaraan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19, kunjungannya di PT Etex Building Performance Indonesia juga untuk mengetahui kondisi dunia usaha di Jatim yang sedang berjalan.
Wagub Emil berharap dengan diberlakukannya protokol kesehatan, maka dunia usaha di Jatim tetap berjalan kokoh dan baik di tengah pandemi COVID-19. “Kemarin saya datang ke pabrik yang juga mampu mendiversifikasi pasar. Ternyata pabrik ini juga mampu mendiversifikasi pasar di situasi seperti ini,  jadi mudah-mudahan sebagai penyumbang ekonomi terbesar di Jawa Timur, industri kita ini tetap mampu berjalan kokoh,” ujar Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak.
Ditegaskannya langkah diversifikasi pasar menjadi strategi yang sangat penting agar setiap perusahaan dapat beroperasi di tengah pandemi seperti sekarang ini. Sehingga, dengan menggunakan cara tersebut, maka akan mudah bagi pengusaha untuk mengembangkan dan memperluas usaha mereka masuk menuju segmentasi pasar baru. “Yakni dari sebuah industri yang ada atau berinvestasi pada usaha yang tengah
menjanjikan, baik yang berasal dari luar area bisnis yang sebelumnya telah dimasuki oleh perusahaan,” jelasnya.
Wagub Jatim yang akrab disapa Emil Dardak ini menyampaikan bahwa penerapan protokol COVID-19 menjadi hal penting yang harus dilakukan setiap perusahaan. Karena, hal tersebut sangat berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan karyawan di sebuah perusahaan yang juga akan berpengaruh pada produktivitas dan efisiensi sebuah perusahaan atau pabrik. “Adanya COVID-19 ini kita lihat perusahaan ini yang tadinya sudah punya SOP ketat bahkan sekarang juga secara ketat menerapkan protokol COVID-19,” kata Emil Dardak.
Wagub yang pernah menjabat sebagai Bupati Trenggalek ini mengatakan, setiap
perusahaan pasti memiliki cara dan kreativitas tersendiri agar seluruh karyawannya bersedia melaksanakan dan mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan. Pasti
ada langkah-langkah yang sifatnya perintah, dan ada langkah yang sifatnya preventif antisipatif.  “Begitupun dengan PT Etex Building Performance Indonesia,” sebutnya.
Apalagi, sebut Wagub Emil Dardak, perusahaan yang bergerak di bahan bangunan ini telah menjalankan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19 saat ini. Di samping itu, perusahan yang sudah beroperasi sejak 1973 itu telah memiliki aturan ketat berkenaan dengan keselamatan dan keamanan kerja.
Wagub Emil juga mengungkapkan bahwa sesungguhnya setiap perusahaan pada
dasarnya telah menetapkan SOP keselamatan kerja, dan keamanan lingkungan. Oleh karenanya, penambahan dan penerapan protokol kesehatan di lingkungan industri di Jawa Timur bukan
menjadi halangan yang dapat menghentikan produktivitas perusahaan.
“Hal ini membuat saya semakin yakin bahwa pabrik-pabrik di Jawa Timur sebenarnya punya sistem yang relatif cukup andal karena kepatuhan mereka menerapkan standar lingkungan dan keselamatan kerja, maka menambahkan protokol COVID-19 sesungguhnya bukan sesuatu yang sangat signifikan,” ungkapnya.
Namun tidak dapat dipungkiri bahwa penerapan protokol COVID-19 juga memerlukan biaya tambahan dan berdampak pada menurunnya produktivitas karena adanya pembatasan-pembatasan. sep

baca juga :

Musim Pancaroba, Waspadai Beberapa Penyakit Penyerta

Redaksi Global News

Cerai dari Sule, Nathalie Holscher Bantah Tuntut Gana-gini

Hannover Messe 2023, BNI Siap Dukung Indonesia 4.0

Redaksi Global News