Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Indeks Utama

UMKM Binaan SIG Melakukan Inovasi Produk di Masa Pandemi COVID-19

UMKM binaan SIG sedang memproduksi masker.

JAKARTA (global-news.co.id) – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) terus berupaya meningkatkan kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini. Salah satu langkah yang dilakukan adalah mendorong mitra binaan di seluruh operasional perusahaan untuk melakukan inovasi produk.
UMKM mitra binaan SIG yang tergabung dalam Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) klaster jahit di Kabupaten Tuban Jawa Timur contohnya, para pelaku UMKM ini sebelum terjadi pandemi COVID-19 memproduksi pakaian jadi,  kini mereka membuat masker.
UMKM tersebut di antaranya adalah Karya Muda Taylor Desa Sugihan, Jama’ah Tahlil Nurul Huda Desa Tegalrejo, Juwiri Mandiri Desa Tuwiri Wetan, IPPNU Desa Margorejo, Bank Sampah Kencana Madya Desa Temandang dan Cendrawasih Desa Kapu.
Anggota OMS Cendrawasih Desa Kapu Tuban, Wiwik menyampaikan bahwa pandemi yang terjadi saat ini berdampak pada usahanya. “Sebelum terjadi pandemi COVID-19 kami dapat memproduksi 115 gamis dalam sebulan, namun akibat COVID-19 permintaan menurun, kami hanya memproduksi 45 gamis saja. Meski demikan usaha kami tertolong dengan adanya pesanan masker dari beberapa instansi baik perusahaan maupun pemerintah. Kami dapat kembali bekerja dengan melibatkan penjahit sekitar yang telah lama menganggur. Hingga saat ini kami telah memproduksi 22.000 masker,“ kata Wiwik, Kamis (25/6/2020).
Hal senada juga disampaikan oleh anggota OMS Karya Muda Taylor, Desa Sugihan Tuban, Cik Inturni. Dia mangatakan, dirinya beserta kelompok penjahit lainnya sebelum terjadi pandemi COVID-19 memproduksi seragam sekolah dan pakaian jadi, pada saat pandemi COVID-19 ini memproduksi masker. “Di masa pandemi ini kami lebih banyak memproduksi masker dan menerima pesanan hingga ke luar kota. Dengan produksi masker ini keberlangsungan usaha kami terus berjalan,” ujar Cik Inturni.
Sementara itu, General Manager of CSR SIG Edy Saraya mengatakan bahwa SIG berharap UMKM mitra binaan dapat lebih adaptif terhadap perubahan yang terjadi terutama di masa pandemi COVID-19.  Misalnya UMKM jahit yang sebelumnya memproduksi pakaian jadi dapat menambah produksinya dengan produksi masker sesuai dengan banyaknya permintaan di masyarakat sekaligus  berperan dalam penanganan penyebaran COVID-19. tis, fan

baca juga :

Danone-Aqua Hadirkan AQUADNC 2020 di 12 Kota

Redaksi Global News

Polres Magetan Ringkus Pemalsu Air Mineral Aqua

Redaksi Global News

Optimalkan GATF, BNI Hadirkan Weekend Banking

Redaksi Global News