Global-News.co.id
Gresik-Sidoarjo-Mojokerto Indeks Utama

Sidoarjo Dapat Bantuan PCR Mobile, Deteksi COVID-19 Makin Masif

Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin selaku Ketua Gugus Tugas Kabupaten Sidoarjo me-launching PCR Mobile di Parkir Barat GOR Delta Sidoarjo, Kamis (18/6/2020).

SiDOARJO (global-news.co.id) — Bagi warga Sidoarjo yang ingin di-rapid test atau tes swab sudah bisa difasilitasi oleh Pemkab Sidoarjo secara gratis dengan kehadiran bantuan PCR (Polymerase Chain Reaction) Mobile. Upaya ini dilakukan untuk segera  memutus mata rantai penyebaran COVID-19.
Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin selaku Ketua Gugus Tugas Kabupaten Sidoarjo me-launching PCR Mobile di Parkir Barat GOR Delta Sidoarjo, Kamis (18/6/2020). Dengan adanya PCR Mobile ini, deteksi dini COVID-19 akan semakin masif dilakukan dan penanganan penyembuhan bisa cepat diatasi.
Kepala Dinas Kesehatan dr Syaf Satriawan, mengungkapkan bahwa alat PCR ini sudah datang 13 hari yang lalu kiriman dari BPBD Provinsi Jawa Timur atas gagasan dari Kapolresta Sidoarjo.
Mesin PCR yang datang dalam bentuk 3 buah kontainer, dan pihaknya memilih untuk menempatkan di tempat yang leluasa yaitu di GOR ini.
Untuk operasionalnya semua ditanggung oleh vendor, jadi Pemkab Sidoarjo tidak mengeluarkan biaya apa pun. “Untuk tim dokter yang menangani juga sudah terbentuk,  mulai besok sudah bisa melaksanakan tes swab dan hasilnya pun tidak menunggu lama,” jelasnya.
Masih menurut dr Syaf, saat ini ada sekitar 438 orang yang posisinya menunggu tes swab, 215 orang menunggu tes swab 1 dan 2, serta 223 orang menunggu tes swab 3 dan 4.
Dengan adanya mesin PCR di GOR ini dan nanti juga akan dibantu mesin PCR juga dari RSUD Sidoarjo, ke depan masyarakat Sidoarjo tidak perlu dirapid test tapi bisa langsung dites swab.
Tes swab dengan alat ini hasilnya lebih kurang 2 hari, dan alat ini berada di GOR sampai tuntas penanganan COVID-19.
“Dengan alat ini kami ingin mengukur tingkat kesembuhan, dan saya yakin dengan tes swab ini angka kesembuhan akan meningkat tajam walaupun pada akhirnya yang confirm juga akan meningkat,” katanya.
Sementara Ketua Gugus Tugas Kabupaten Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin mengutarakan, dengan adanya alat ini hasil tes swabnya semakin cepat, secara otomatis penanganan setelah swab ini juga harus tertangani dengan cepat. Untuk itu langkah kuratif harus lebih dikuatkan lagi.
“PCR Mobile ini akan sedikit menyelesaikan permasalahan yang ada.  Selama ini swab menunggu selama lebih dari 1 minggu, namun kalau swab ini cepat maka langkah penanganannya juga lebih cepat lagi,” jelasnya. pur, win, ins

baca juga :

Liga 1: Bruno Moreira Kembali Masuk Skuad Persebaya Musim Depan

Redaksi Global News

Asian Games: Peringkat Tiga, Timnas Indonesia Tetap Lolos 16 Besar

Redaksi Global News

Tingkatkan Kapasitas Bisnis UMKM, BNI Kolaborasi dengan ITPC Osaka dan KBRI Tokyo

Redaksi Global News