Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Indeks Utama

Setelah Surabaya Raya, Layanan Lumbung Pangan Jatim Diperluas Ke Mojokerto, Pasuruan dan Bangkalan

Gubernur Khofifah Indar Parawansa saat berada di Lumbung Pangan Jatim.

SURABAYA (global-news.co.id)- Kabar baik bagi warga Kabupaten dan Kota  Mojokerto, Kabupaten dan Kota  Pasuruan dan Kabupaten Bangkalan. Mulai minggu ke tiga Juni ini ke lima daerah tersebut bakal bisa menikmati layanan sembako murah bebas ongkos kirim  dari Lumbung Pangan Jatim.
Warga masyarakat Mojokerto, Pasuruan dan Bangkalan bisa belanja sembako murah dengan harga di bawah pasar melalui metode online via website maupun lewat Whats App (WA) bersistem bayar di tempat dengan fasilitas gratis biaya pemesanan alias gratis ongkir.
“Ini merupakan inovasi perluasan jangkauan layanan dari kami untuk warga masyarakat Jawa Timur. Setelah hadir melayani warga Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik, kini layanan sembako murah juga hadir di Pasuruan, Bangkalan dan Mojokerto. Semoga bisa bermanfaat di tengah upaya kita menuju new normal era,” kata Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Minggu  (14/6/2020).
Untuk belanja via website, masyarakat yang ingin belanja bisa mengunjungi website https://lumbungpanganjatim.com/. Warga bisa memesan sembako yang dibeli di website tersebut dan melakukan pembayaran secara online melalui bank. Mulai bank Jatim, Bank Mandiri, BNI, Permata Bank dan juga bisa menggunakan Go Pay. Pemesanan bisa dilakukan selama 24 jam.
Tidak hanya itu, bagi warga masyarakat yang ingin belanja melalui WhatsApp (WA) bisa memesan di nomor 0811-334-0033. Dengan chat di nomor tersebut katalog sembako yang disediakan bisa langsung dipilih. Pembayaran dalam sistem belanja ini menggunakan sistem bayar di tempat atau biasa disebut dengan cash on delivery (COD) saat belanjaan tiba di alamat pembeli.
“Baik yang belanja via website, maupun COD yang lewat WA semua gratis ongkir. Kita subsidi biaya kirimnya,” tambah Gubernur Khofifah.
Ia mengatakan lima  daerah perluasan layanan ini ditambahkan karena dari segi kesiapan infrastruktur layanan pengiriman adalah yang paling siap. Sebab dalam pengiriman langsung ke alamat pembali Lumbung Pangan Jatim ini bekerjasama dengan PT Pos Indonesia. Yang memang sudah memiliki jaringan pengiriman sampai ke pelosok desa.
“Sekarang ini kita sedang dihadapkan dengan kondisi menuju new normal era. Belanja online, yang meminimalisir kontak dengan orang banyak, adalah sesuatu yang terus kita upayakan dengan harapan menghindari kerumunan. Masyarakat bisa tetap stay at home di tengah pandemi COVID-19, tapi tidak kekurangan akses pada kebutuhan pangan,” tambah gubernur yang juga mantan Menteri Sosial RI ini.
Istimewanya, harga sembako di Lumbung Pangan Jatim ini disediakan dengan harga di bawah harga pasar. Harganya lebih murah dibandingkan harga di pasaran. Dari segi kualitasnya juga terjamin. Lumbung Pangan Jatim melakukan kerjasama dengan perusahaan maupun dengan petani produsen bahan pangan seperti beras dan juga peternak telur.
Pemesanan baik melalui Website maupun WA ini disediakan dengan minimal transaksi pembelanjaan Rp 60.000 dan maksimal untuk berat belanjaannya adalah 20 kilogram.
“Kami berharap fasilitas Lumbung Pangan Jatim ini akan membantu masyarakat mendapatkan akses pada bahan pangan murah dengan ketersediaan yang sangat cukup. Saya kembali ingatkan jangan ada aksi memborong karena program ini akan hadir hingga 21 Juli 2020 mendatang dan bisa dipertimbangkan untuk  diperpanjang sesuai perkembangan dan kebutuhan ,” pungkas Gubernur Khofifah.
Sementara itu dari data per 13 Juni 2020, transaksi penjualan untuk 15 item bahan pangan di Lumbung Pangan Jatim sudah tembus Rp 5,96 miliar.
Di sisi lain, selain menyediakan pembelanjaan via online, masyarakat juga tetap bisa belanja via offline di JX International (Jatim Expo). Belanja langsung di JX International tetap aman karena protokol kesehatan ditegakkan secara ketat. Misalnya ada pembatasan pengunjung, cek suhu tubuh, wajib menggunakan masker dan juga adanya penerapan physical distancing selama belanja. tis

baca juga :

Menteri KKP Edhy Prabowo Ditangkap KPK

Redaksi Global News

Upaya Hentikan Wabah Corona, PKB Serukan Warganya Berdoa Li Khomsatun

Redaksi Global News

Kapolresta Sidoarjo Tinjau Vaksinasi Dosis Kedua bagi Anak Usia 6-11 Tahun

Redaksi Global News