Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Indeks Utama

Rute KA Jarak Jauh Beroperasi 12 Juni, Kapasitas Penumpang 70%

14 KA Jarak Jauh dan 23 KA Lokal akan kembali melayani masyarakat mulai 12 Juni 2020.

JAKARTA (global-news.co.id) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyiapkan 14 KA Jarak Jauh dan 23 KA Lokal untuk kembali melayani masyarakat, seiring terbitnya Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 No 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman COVID-19. Kereta tersebut mulai aktif pada 12 Juni 2020.

Untuk yang ingin kembali naik kereta, Direktur Niaga KAI Maqin U Norhadi menjelaskan, rute kereta api yang dioperasikan. Pada tahap awal ini di antaranya kereta dari dan menuju stasiun Kiaracondong, Cirebon, Semarang Poncol, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun.

“Lalu Surabaya Gubeng, Jember, Ketapang, dan berbagai stasiun lainnya sesuai jadwal perjalanan KA Reguler yang beroperasi,” ujarnya dalam keterangan KAI, Rabu (10/6/2020).

Khusus untuk KA Lokal yang dijalankan mulai 12 Juni, merupakan penambahan frekuensi perjalanan pada KA KA yang saat ini sudah beroperasi. “Tiket dapat dipesan secara online melalui aplikasi KAI Access dan channel online lainnya mulai H-7 keberangkatan KA. Sedangkan penjualan tiket di loket stasiun dilayani mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA,” kata Maqin.

Pada tahap awal, KAI hanya menjual tiket 70% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia. Tujuannya untuk menjaga jarak antar penumpang selama dalam perjalanan. Khusus bagi penumpang dengan usia di atas 50 tahun, petugas akan mengatur tempat duduknya saat dalam perjalanan sehingga tidak bersebelahan dengan penumpang lain.

Sementara itu, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, menegaskan, pengoperasian kembali KA Reguler ini tetap diikuti dengan protokol pencegahan COVID-19 yang ketat untuk pencegahan penyebaran COVID-19 melalui transportasi kereta api. ejo

baca juga :

Program Rutilahu, Pemkab Sidoarjo Bedah 340 Unit Rumah

Redaksi Global News

Jalankan Mandat Go Global, BNI Perkuat 3 Nilai Strategi

Redaksi Global News

Libas Petenis Papua Barat, Rifqi Renggut Medali Emas Ketiga bagi Jatim

Redaksi Global News