Global-News.co.id
Indeks Kesehatan Utama

Peneliti Unair Temukan Lima Kombinasi Obat Lawan Corona

Unair menemukan lima kombinasi obat untuk melawan virus corona.

SURABAYA (global-news.co.id) – Setelah melakukan riset dan penelitian, peneliti Universitas Airlangga (Unair) menemukan lima kombinasi obat untuk melawan virus corona.
Dengan dukungan dari Badan Inteligen Nasional (BIN) RI dan sejumlah pihak, temuan obat yang sudah beredar di pasaran ini, Jumat (12/6/2020) diumumkan di Jakarta dipimpin langsung Sekretaris Utama BIN Kolonel Bambang Sunarwibowo.
Ketua Pusat Penelitian dan Pengembangan Stem Cell Universitas Airlangga Dr dr Purwati SpPD K-PTI FINASIM mengatakan obat itu terdiri dari,
Lopinavir/ritonavir dengan azithromicyne Lopinavir/ritonavir dengan doxycyline
Lopinavir/ritonavir dengan chlaritromycine
Hydroxychloroquine dengan azithromicyne
Hydroxychloroquine dengan doxycycline
Regimen kombinasi obat corona tersebut dijelaskan dr Purwati tidak untuk diperjualbelikan secara bebas. “Belum diperjualbelikan. Ini kolaborasi antara Unair, BNPB, dan juga Badan Intelijen Negara,” ujar dr Purwati, Jumat (12/6/2020).
Kombinasi regimen obat tersebut memiliki potensi dan efektivitasnya cukup bagus terhadap daya bunuh virus. Dosis masing-masing obat dalam kombinasi tersebut yaitu 1/5 dan 1/3 lebih kecil dibandingkan dosis tunggalnya sehingga mengurangi efek toksik dari obat tersebut bila diberikan sebagai obat tunggal.
“Kini sudah ada ratusan obat yang sudah diproduksi dan akan disebarkan kepada rumah sakit yang membutuhkan,” katanya.
Selain regimen kombinasi obat yang ditemukan, sejumlah peneliti Unair menemukan potensi dalam penelitian stem cell. Dr Purwati juga menemukan dua formula yaitu Haematopotic Stem Cells (HSCs) dan Natural Killer (NK) cells.
“Dari hasil uji tantang HSCs ditemukan bahwa setelah 24 jam virus SARS CoV2 isolat Indonesia sudah dapat dieliminasi oleh stem cells tersebut. Sedangkan hasil uji tantang NK cells terhadap virus, setelah 72 jam didapatkan sebagian virus dapat diinaktivasi oleh NK cells tersebut,” terangnya.
Dengan demikian keduanya memiliki potensi dan efektivitas yang cukup bagus sebagai pencegahan maupun pengobatan virus SARS CoV 2. Menurutnya, kedua pengobatan alternatif itu bisa menjadi rekomendasi bagi para dokter, industri obat dan masyarakat dalam menangani COVID-19 secara cepat.
Sementara itu dalam waktu yang bersamaan, dari Gedung Management Kampus C Unair, Rektor Unair Prof Dr H Mohammad Nasih MT SE Ak CMA juga memberikan penjelasan atas keberhasilan yang dilakukan oleh tim peneliti Unair.
Di hadapan awak media, Prof Nasih, mengatakan Unair akan terus mendukung segala usaha untuk mempercepat penanganan COVID-19 di Indonesia. Hal itu merupakan  bentuk ikhtar yang dilakukan dalam bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara.
“Kami akan mendukung penuh penelian Unair terkait percepatan COVID-19 ini. Semoga ini menjadi langkah baik bagi riset Indonesia dengan untuk membuktikan penelitiannya dalam waktu singkat. Artnya Indonesia mampu jika kita semua bersatu dan melakukan ini bersama,” ucapnya. tri

baca juga :

Bank Jatim Kembali Teken Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan PT PG Rajawali I

Redaksi Global News

Pengamat: Kota Malang Butuh E-Budgeting

Redaksi Global News

KONI Sebut Ekshibisi E-sports Jadi Terbesar dalam Sejarah Porprov Jatim