Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

Kemenag Imbau Daerah Aman COVID-19 Gelar Salat Kusuf saat Gerhana Matahari Besok

Ada 31 provinsi di Indonesia yang dapat mengamati gerhana matahari sebagian pada Minggu (21/6/2020) bertepatan 29 Syawal 1441H.

JAKARTA (global-news.co.id) — Fenomena alam berupa gerhana matahari diperkirakan kembali terjadi di sejumlah wilayah Indonesia.
Berdasarkan data astronomis, ada 31 provinsi di Indonesia yang dapat mengamati gerhana matahari sebagian pada Minggu (21/6/2020) bertepatan 29 Syawal 1441H.
“Ada 31 provinsi yang secara astronomis dapat mengamati gerhana matahari ini,” terang Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) Kamaruddin Amin dalam siaran persnya, Sabtu (20/6/2020).
Kementerian Agama, kata Kamaruddin, mengimbau umat Islam yang daerahnya mengalami gerhana dan aman COVID-19 atau zona hijau untuk menggelar Salat Gerhana Matahari atau Salat Kusuf.
“Kami imbau kaum muslim pada daerah yang mengalami gerhana dan aman COVID-19 untuk menggelar salat sunah gerhana sesuai tuntunan syariah. Tapi tetap memperhatikan protokol kesehatan,” tuturnya.
Salat Kusuf atau Salat Gerhana Matahari dilakukan dua rakaat dengan rangkaian sebagai berikut:
1. Berniat di dalam hati (misalnya, Usalli sunnatan likusuufis-syamsi ma’muuman/imaaman lillaahi ta’aala)
2. Takbiratul ihram seperti shalat biasa
3. Membaca doa iftitah dan berta’awudz, kemudian membaca surat Al-Fatihah dan membaca surat yang panjang dengan di-jahr-kan (perdengarkan) suaranya.
4. Rukuk sambil memanjangkannya
5. Bangkit dari rukuk (iktidal)
6. Setelah iktidal ini tidak langsung sujud, namun dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah dan surat yang panjang (berdiri yang kedua lebih singkat dari pertama).
7. Ruku kembali (rukuk kedua) yang panjangnya lebih pendek dari ruku sebelumnya
8. Bangkit dari rukuk (iktidal)
9. ujud yang panjangnya sebagaimana ruku, lalu duduk di antara dua sujud kemudian sujud kembali
10. Bangkit dari sujud lalu mengerjakan rakaat kedua sebagaimana rakaat pertama (bacaan dan gerakan-gerakannya lebih singkat dari sebelumnya)
11. Tasyahud
12. Salam

“Setelah salat, Imam lalu menyampaikan khutbah kepada para jamaah yang berisi anjuran untuk berdzikir, berdoa, beristighfar, sedekah dan hal baik lainnya,” ujar Kamaruddin.
Masyarakat juga dianjurkan membaca takbir, memperbanyak zikir, istighfar, sedekah, dan amal-amal kebajikan lainnya. “Jangan lupa berdoa agar wabah COVID-19 segera berakhir dan juga doa untuk keselamatan bangsa dan negara,” sambungnya.
Salat gerhana sunah juga bisa dilakukan di masjid secara berjamaah, akan tetapi boleh juga dilakukan seorang diri.
Menurut Kamaruddin, pelaksanaan Salat Kusuf menyesuaikan waktu gerhana matahari di wilayah masing-masing. dja, ndo

baca juga :

Jatim Berhasil Raih Sertifikat Eliminasi Malaria

Humas Polresta Sidoarjo Terus Solidkan Sinergi Bareng Netizen

gas

Jawa Timur Peroleh Kuota Tambahan 1.300 Jamaah Haji