Global-News.co.id
Gresik-Sidoarjo-Mojokerto Indeks Utama

Kartar Bakti Mulya Berhasil Panen Raya Lele, Wakil Ketua DPRD Gresik Beri Apresiasi

Wakil Ketua DPRD Gresik Asluchul Alif hadir dalam panen ikan lele yang berhasil dikembangkan Karang Taruna Bakti Mulya Desa Sukomulyo, Kecamatan Manyar Gresik, Sabtu (13/6/2020). 

GRESIK (global-news.co.id) –Budidaya ikan lele berhasil dikembangkan Karang Taruna Bakti Mulya Desa Sukomulyo, Kecamatan Manyar Gresik. Meski hanya memanfaatkan lahan telaga desa untuk budidaya, para pemuda tersebut berhasil melakukan panen raya ikan lele hasil dari program keramba budidaya ikan.
Pada panen tahap pertama ini mampu menghasilkan sebanyak 1 kuintal lebih ikan lele dan berhasil dijual kepada masyarakat.
Ketua kartar Bakti Mulya Arif Afandi mengatakan, ia bersama puluhan pemuda Sukomulyo memulai budidaya ikan lele sejak Februari 2020.
“Kerambanya bikin sendiri secara gotong royong. Alhamdulillah hari ini bisa dipanen bersama,” ungkap Arif saat panen raya ikan lele, Sabtu (13/6/2020).
Ia menjelaskan, sengaja memilih budidaya ikan lele karena ikan air tawar ini mudah dalam perawatan dan banyak peminatnya.
“Setiap 1 kuintal ikan lele, bisa mendapat keuntungan sekitar satu juta rupiah,” jelas Arif.
Selain budidaya ikan lele, kartar Bakti Mulya juga mengembangkan usaha budidaya ikan tombro dan nila. “Kendalanya lebih pada mahalnya harga pakan. Sehingga kami berharap bisa punya alat pembuat pakan,” ujarnya.
Dalam panen raya ikan lele ini turut hadir Kades Sukomulyo Subiyanto, Camat Manyar Mohammad Nadlelah dan Wakil Ketua DPRD Gresik Asluchul Alif.
Wakil Ketua DPRD Gresik Asluchul Alif mengapresiasi kegiatan positif puluhan pemuda Kartar Bakti Mulya dalam mengembangkan budidaya ikan.
Menurutnya selain menambah ekonomi para pemuda, usaha budidaya ikan lele dapat menambah kesibukan pemuda agar terhindar dari hal-hal negatif. Apalagi saat ini sedang ada wabah pandemi COVID-19.
“Saya tentu sangat mendukung kegiatan teman-teman pemuda ini. Tadi saya juga beli ikan lele untuk dimasak di rumah,” kata Alif,
Terkait keluhan alat pembuat pakan ikan, Alif mengaku akan mendukung untuk mengatasi masalah ini. Sehingga para pemuda terus semangat dalam menjalani usaha budidaya ikan. Ia mendorong agar pemuda terus produktif.
“Kita akan suport melalui Dinas Perikanan Gresik. Tadi saya sudah berkoordinasi. Semoga budidaya ikan ini mampu meningkatkan ekonomi pemuda serta masyarakat Desa Sukomulyo,” tandas Sekretaris Kartar Kabupaten Gresik tersebut. sep

baca juga :

Mahasiswa PENS Ciptakan Alarm Anti Tabrakan dan Pengingat Ganti Oli

Redaksi Global News

Jelang Nataru, Kementan Pastikan Stok Daging dan Telur Stabil

Redaksi Global News

19 Mei: Corona Jatim 2.372 Kasus, Khofifah Sebut Imbas Tes Masif

Redaksi Global News