Global-News.co.id
Indeks Pendidikan Utama

ITS Dukung Entrepreneurship Mahasiswa Lewat Startup Inovatif

Wakil Rektor IV ITS Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD saat memberikan kata sambutan dalam webinar bertajuk Peluang dan Tantangan Startup Inovatif Perguruan Tinggi dan Launching Hibah Startup, Selasa (23/6/2020).

SURABAYA (global-news.co.id) —
Startup atau perusahaan rintisan yang menjadi tren saat ini, menjadi salah satu peluang bagi mahasiswa yang ingin menjadi entrepreneur khususnya pada produk berbasis teknologi.
Sebagai salah satu bentuk dukungan, Direktorat Inovasi dan Kawasan Sains Teknologi (DIKST) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggelar webinar bertajuk Peluang dan Tantangan Startup Inovatif Perguruan Tinggi dan Launching Hibah Startup, Selasa (23/6/2020).
Dalam sambutannya, Wakil Rektor IV ITS Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD mengatakan, ITS mendukung entrepreneurship dari mahasiswanya agar bisa melahirkan produk-produk yang bermanfaat bagi masyarakat.
Hal ini turut diungkapkan Direktur DIKST ITS Achmad Affandi DEA, agar nantinya webinar ini dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa. “Ini merupakan sosialisasi peluang dan tantangan untuk membangun startup di perguruan tinggi, sekaligus kolaborasi dengan pemerintah dan pihak lainnya,” tutur Affandi.
Sementara itu, dosen ITS yang juga founder startup otomotif Dr Muhammad Nur Yuniarto mengatakan, syarat dalam pembuatan startup adalah adanya niat untuk membuat sebuah produk. “Ada pasarnya atau tidak itu urusan belakangan, yang harus ada untuk membuat startup itu adalah semangat,” ungkapnya.
Dosen yang akrab disapa Nur itu menuturkan, startup dilahirkan ketika lingkungan di sekitarnya belum siap, atau bahkan bertabrakan. Selain itu, mengembangkan startup merupakan proses yang sangat panjang, bahkan dalam langkah pengembangan startup itu sendiri ada kemungkinan ‘kematian’.
Sehingga, lanjutnya, yang harus dipegang oleh founder startup adalah dapat membayangkan bagaimana kehidupan di masa depan dan menjaga produk agar tetap survive atau berkelanjutan. “Tidak harus membayangkan bertahun-tahun ke depan, tapi bayangkan kemampuan produk survive untuk satu detik ke depan,” ungkap dosen Teknik Mesin ini.
Dosen yang juga membidani lahirnya mobil listrik dan motor listrik di ITS itu menambahkan, seorang founder startup juga harus bisa melihat masalah dan solusi. “Harus berani bermimpi dan berani rugi, karakter-karakter berani ini ada dalam diri mahasiswa,” tandasnya memotivasi.
Pembicara lain, Ahmad Adib PhD juga mengungkapkan, saat ini ide bisnis kreatif juga tak kalah penting. Sebab, nantinya industri kreatif tidak dapat digantikan oleh mesin, sehingga dapat terus memunculkan lapangan pekerjaan bagi manusia. Di samping itu, Indonesia sendiri memiliki potensi yang tinggi untuk mengembangkan startup. Banyak hal-hal yang ada di Indonesia namun tidak dimiliki oleh negara lainnya. “Seperti kekayaan alam kita, budaya kita, bahasa kita, dan lain sebagainya,” ungkap dosen asal Universitas Sebelas Maret (UNS) itu.
Kegiatan webinar ini juga dijadikan ajang sosialisasi dari launching Hibah Startup Inkubator ITS 2020 oleh Ir Baroto Tavip I MSi selaku Manajer Senior Inkubator dan Layanan Bisnis Inovatif. Adanya peran inkubator ini adalah untuk menjamin agar startup bisa survive. “Fokus inkubator ITS terbagi dalam beberapa bidang, yakni desain kreatif, ICT dan robotic, otomotif dan transportasi, maritim, farmasi dan medis, serta foods, pariwisata, dan event,” paparnya.
Nantinya, lanjut dosen Desain Komunikasi Visual (DKV) ini, pada inkubator tersebut akan terdapat beberapa fasilitas untuk menunjang keberlangsungan produk startup. Seperti fasilitas pembimbingan dan pendampingan yang mendukung startup di bidang ipteks sesuai judul-judul startup dan fasilitas terkait lainnya. Selanjutnya ada co-working space, yang menyediakan ruang diskusi dan fasilitas pendukung pengembangan startup.
Selain itu, ada juga fasilitas networking untuk memperluas relasi mahasiswa, peningkatan investasi dan pasar. Kemudian ada fasilitas prototyping produk untuk mengembangkan produk dari skala lab menjadi skala industri, dan ada fasilitas branding promosi. “Untuk konsep branding, semua produk tidak harus punya konsep branding dan pemasaran dulu, karena kami akan membantu,” ungkapnya. tri

baca juga :

Gandeng Umat Kristiani, Polresta Sidoarjo Laksanakan Program Minggu Kasih

Redaksi Global News

Puncak COVID-19 Diprediksi Mei, Sri Mulyani Siapkan Pemulihan Ekonomi

Redaksi Global News

Korea Masters 2023: Laga Debut, Alwi Revans Atas Lin

Redaksi Global News