Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

Heli TNI AD Jatuh di Kendal, 4 Prajurit Meninggal

Istimewa
Helikopter jenis MI 17 V5 HA 5141 milik Pusat Penerbangan Angkatan Darat jatuh di Desa Wonorejo, Kaliwungu Kabupaten Kendal, Sabtu (6/6/2020) sekitar pukul 14.25.

KENDAL (global-news.co.id) – Helikopter jenis MI 17 V5 HA 5141 milik Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Penerbad) jatuh di Desa Wonorejo, Kaliwungu Kabupaten Kendal, Sabtu (6/6/2020) sekitar pukul 14.25.
Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Iskandar Fitriana membenarkan insiden jatuhnya heli milik TNI Angkatan Darat itu.
Iskandar menjelaskan, dari keterangan saksi mata di lokasi, heli yang berangkat dari Semarang pukul 12.39 itu terlihat telah mengeluarkan asap hitam pekat sebelum jatuh di area kawasan industri, Desa Wonorejo, Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah.
“Keterangan saksi mata, dari arah barat, heli sudah dalam keadaan oleng dan mengeluarkan asap, kemudian pesawat jatuh keluar asap dan selanjutnya meledak, pada saat sebelum meledak sempat dikeluarkan 3 orang,” kata Iskandar, Sabtu (6/6/2020) sore.
Dalam perjalanan naas itu, heli MI 17 V5 HA 5141 berisi sembilan penumpang.
TNI Angkatan Darat (AD) telah mengonfirmasi jatuhnya Helikopter MI-17 milik TNI AD dengan nomor registrasi HA 5141. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen TNI Nefra Firdaus, dalam akun media sosial TNI AD, dikutip Sabtu (6/6/2020).
Kronologinya disebutkan helikopter melaksanakan misi latihan terbang di Pusat Pendidikan Penerbang AD, Semarang, Jawa Tengah, sebagai bagian dari program Pendidikan Calon Perwira Penerbang 1.
Helikopter dinyatakan dalam kondisi baik sebelum terbang, karena saat dilaksanakan Pre-flight Check tidak ditemukan hal-hal menonjol. Selain itu, misi latihan terbang endurance pertama (sebelum misi ke-2) juga berjalan dengan aman.
Sekitar jam 12.35, helikopter ini melaksanakan misi latihan terbang endurance kedua dengan materi terbang Tactical Manuver. Pada jam 13.40, Helikopter MI-17 ini jatuh di Kaliwungu, Kec. Kendal, Jawa Tengah.
Setelah jatuh, helikopter MI-17 ini terbakar dan menyebabkan 4 orang crew meninggal dunia, sementara 5 lain-nya luka-luka. Korban luka-luka saat ini sudah evakuasi ke Rumah Sakit terdekat.
Penyebab jatuh-nya Helikopter MI-17 TNI AD masih dalam proses investigasi. wah, cnb, ins

Korban jatuh-nya Helikopter MI-17 TNI AD antara lain:

1. Kapten Cpn Kadek (MD)
2. Kapten Cpn Fredi (MD)
3. Kapten Cpn Y Hendro (MD)
4. Lettu Cpn Wisnu (MD)
5. Lettu Cpn Vira Yudha
6. Praka Nanang
7. Praka Rofiq
8. Praka Supriyanto
9. Praka Andi

baca juga :

Dispora Gelar Fasilitasi Layanan Relawan Anti-Narkoba

gas

Libur Lebaran, BI Jatim Siapkan Kebutuhan Uang Kartal hingga Rp 4,7 Triliun

Titis Global News

Hadiri Paskah, Bupati Haninditho Berkunjung ke Gereja GPdl Anugerah

Titis Global News