Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

DPRD Jatim Apresiasi Positif Upaya Pemprov Kawal Bansos

Wagub Emil Dardak turun ke kantor desa di Sidoarjo, tanpa membawa rombongan dan acara seremonial, memastikan langsung bagaimana pelaksanaan penyaluran bansos  serta menjawab langsung keluhan-keluhan dari perangkat desa.

SURABAYA (global-news.co.id) — DPRD .Jatim memberikan apresiasi kepada Pemprov Jatim yang telah menjalankan koordinasi dan supervisi penyaluran bansos secara intensif. “Saya berkesempatan melihat langsung Pak Wagub Emil Dardak turun ke kantor desa di Sidoarjo, tanpa membawa rombongan dan acara seremonial, memastikan langsung bagaimana pelaksanaan penyaluran bansos yang berlapis-lapis sumbernya serta menjawab langsung keluhan-keluhan dan curhat dari perangkat desa,” ujar anggota Komisi E DPRD Jatim Adam Rusydi, Rabu (10/6/2020).

Sebelumnya diketahui Emil Dardak turun ke RT dan RW di Surabaya untuk mengecek bansos provinsi.

Anggota dewan dari Fraksi Partai Golkar ini berharap masyarakat bisa memperoleh informasi utuh dan jangan sampai ada pihak-pihak yang memancing di air keruh dengan memberikan kritik yang salah alamat.

“Kenyataannya Pemprov Jatim merancang bansos dengan sangat hati-hati, karena tantangannya berat, masyarakat yang terdampak sangat banyak dan pendataan itu bukan perkara sederhana. Kalau tidak pernah bicara hati ke hati dengan ketua RT, RW dan Kades, mungkin tidak tahu betapa sulitnya melakukan verifikasi dan validasi, apalagi dalam waktu yang sedemikian singkat di tengah beratnya tekanan hidup masyarakat,” tambah anggota legislatif dari Dapil Sidoarjo ini.

Menurut Adam setelah kunjungan Wagub Jatim, terdapat kejelasan bahwa besaran nominal bantuan Pemprov Jatim yang dibuat setara dengan nilai nominal Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah keputusan yang bijak, karena selain menjaga rasa keadilan dan memenuhi kebutuhan inti pangan secara relatif cukup, tetapi juga membuka ruang untuk menjangkau lebih banyak masyarakat terdampak di Jatim yang belum dapat disentuh bansos Kemensos dan BLT Dana Desa.

Saat ini, lebih dari 1 juta keluarga di Jawa Timur mendapatkan bansos dari Pemprov Jatim. Adapun terkait isu keterlambatan bansos, Adam menjelaskan bahwa pendataan bansos harus satu pintu, yaitu melalui Pemkab dan Pemkot. Jika dijalankan sendiri akan berpotensi tumpang tindih, dan Adam mengapresiasi koordinasi erat Wagub dengan Kadinsos se-Jawa Timur.

“Saya mengikuti betul prosesnya. Pemkab dan Pemkot tentu tidak bisa rampungkan data penerima bansos Pemprov Jatim kalau belum menyelesaikan bansos tunai Kemensos dan BLT Dana Desa. Wagub sempat menunjukkan grup WA yang dibuatnya bersama Kadinsos dan Pusdatin Kemensos, menurut saya sudah tepat karena dengan turut mengawal pendataan bansos Kemensos, maka proses bansos Pemprov otomatis akan bisa dilakukan,” ujar Alumnus Unesa ini. cty

baca juga :

Pemkot Surabaya Hilangkan Kesan Kumuh Pantai Batu-Batu

Redaksi Global News

Pemkot Surabaya Gandeng PT Pelindo Daya Sejahtera Kembangkan Kualitas SDM

Polres Sidoarjo Kukuhkan Pengurus Dai Kamtibmas

gas