Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

Berikan Arahan di Tengah COVID-19, Jokowi Sebut Bisa Reshuffle hingga Bubarkan Lembaga Negara

Screenshoot dari Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi

JAKARTA (global-news.co.id)  — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan arahan di tengah pandemi virus corona (COVID-19). Kepala Negara menyampaikan arahannya itu dalam Sidang Kabinet di Istana Negara Jakarta, Kamis (18/6/2020). Namun videonya baru diunggah Sekretariat Presiden, Minggu (28/6/2020).
Jokowi menegaskan, dirinya akan mengambil langkah extra ordinary guna mencegah krisis ekonomi yang semakin meluas di tengah pandemi COVID-19. Bahkan ia berani mempertaruhkan reputasi politiknya.
“Saya harus ngomong apa adanya nggak ada progres yang signifikan. Itu nggak ada,” ucap Jokowi dalam Sidang Kabinet sebagaimana dikutip dari akun Youtube Sekretariat Presiden yang videonya diunggah pada Minggu (28/6/2020).
Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan dirinya siap kembali menerbitkan Perppu sebagai payung hukum kementerian dan lembaga dalam mengambil kebijakan.
“Kalau mau minta Perppu lagi saya buatin Perppu. Kalau yang sudah ada belum cukup asal untuk rakyat, asal untuk negara. Saya pertaruhkan reputasi politik saya. Sekali lagi tolong ini betul-betul dirasakan kita semuanya, jangan sampai ada hal yang justru menganggu,” tuturnya.
Jokowi kembali mengingatkan bahwa pemerintah harus berani mengambil kebijakan luar biasa baik secara politik, hingga langkah lainnya untuk menyelamatkan negara dari krisis akibat COVID-19.
“Dan saya membuka yang namanya entah langkah politik, entah langkah-langkah kepemerintahan akan saya buka. Langkah apapun yang extra ordinary akan saya lakukan. Untuk 267 juta rakyat kita. Untuk negara,” ucapnya.
Ia pun menyinggung reshuflle di Kabinet Indonesia Maju hingga membubarkan lembaga negara dalam mencegah krisis di Tanah Air.
“Bisa saja, membubarkan lembaga. Bisa saja reshuffle. Udah kepikiran ke mana-mana saya. Entah buat Perppu yang lebih penting lagi. Kalau memang diperlukan. Karena memang suasana ini harus ada, suasana ini tidak, bapak ibu tidak merasakan itu, sudah,” ucapnya. dja, ins

baca juga :

SEA Games 2023: Gilas Singapura, Bulutangkis Beregu Putra Indonesia ke Final

Kapasitas Pengujian Labkesda Surabaya Ditingkatkan Jadi 4.000 Spesimen Mulai Agustus

Redaksi Global News

Fuel Terminal Pertamina Tuban Raih Penghargaan Zero Accident dari Gubernur Jawa Timur

Redaksi Global News