Global-News.co.id
Indeks Mancanegara Utama

Tiongkok Diprediksi Akan Alami Gelombang Kedua COVID-19

Kelompok-kelompok baru kasus virus corona telah muncul di seluruh wilayah Tiongkok dalam beberapa pekan terakhir, baik di Wuhan serta provinsi timur laut Heilongjiang dan Jilin.

BEIJING (global-news.co.id) – Tiongkok diprediksi masih akan menghadapi tantangan besar dari potensi gelombang kedua COVID-19. Otoritas Kesehatan Tiongkok telah memperingatkan bahwa kurangnya kekebalan tubuh masyarakat harus menjadi perhatian serius meski pengembangan vaksin virus corona terus dilakukan.
Meski jumlah kasus COVID-19 sempat mereda sejak Maret 2020, Penasihat Medis Senior Pemerintah Tiongkok, Zhong Nanshan mengatakan, sebaiknya pemerintah Tiongkok jangan dulu berpuas diri. Sebab masih ada bahaya gelombang kedua infeksi virus corona yang besar. Menurut Zhong, kelompok-kelompok baru kasus virus corona telah muncul di seluruh wilayah Tiongkok dalam beberapa pekan terakhir, baik di Wuhan serta provinsi timur laut Heilongjiang dan Jilin .
“Mayoritas orang Tiongkok saat ini masih rentan terhadap infeksi COVID-19, karena kurangnya kekebalan. Kami menghadapi tantangan besar, itu tidak lebih baik daripada negara-negara asing yang saya pikir saat ini,” kata Zhong dikutip dari CNN, Minggu (17/5/2020).
Zhong dikenal sebagai “pahlawan SARS” di Tiongkok karena memerangi epidemi sindrom pernapasan akut yang parah pada tahun 2003. Kali ini, ia tengah memimpin penanganan kasus virus corona di negara itu.
Zhong sempat mengunjungi Wuhan pada 18 Januari untuk melakukan penyelidikan tentang virus corona.
Setelah kedatangannya, dia menerima banyak telepon dari dokter dan mantan mahasiswanya dan memperingatkan bahwa situasi yang terjadi saat itu jauh lebih buruk daripada yang dilaporkan pihak pemerintah.
“Pemerintah setempat, mereka tidak suka mengatakan yang sebenarnya pada waktu itu. Pada awalnya mereka diam dan kemudian saya berkata mungkin kita memiliki (lebih banyak) orang yang terinfeksi,” kata Zhong.
Namun setelah pemerintah pusat mengambil kendali atas penanganan virus corona pada akhir Januari, Zhong menolak tuduhan kalau statistik resmi Tiongkok tidak dapat diandalkan.
Pernyataan Zhong membantah tuduhan Presiden AS Donald Trump yang mempertanyakan akurasi angka kematian Tiongkok yang hanya berkisar 4.633 orang. Sementara angka kematian di AS akibat virus korona telah melampaui 87.000 orang.
Zhong mengatakan bahwa pemerintah Tiongkok telah belajar dari epidemi SARS 17 tahun yang lalu. Kali ini, katanya, pemerintah pusat yelah memerintahkan agar semua pimpinan daerah dan departemen pemerintah harus melaporkan jumlah akurat penyakit penyakit COVID-19.
“Jika Anda tidak melakukan itu, Anda akan dihukum. Jadi sejak 23 Januari, saya pikir semua data akan benar,” katanya.
Lantaran ribuan kasus virus corona masih dilaporkan dari seluruh dunia setiap harinya, para peneliti berusaha keras untuk mengembangkan vaksin.
Tiga perusahaan AS sudah menguji vaksin mereka pada manusia, menurut Organisasi Kesehatan Dunia. Mereka masih dalam uji coba fase 1 atau fase 2 yang biasanya melibatkan pemberian vaksin kepada puluhan atau ratusan subjek penelitian.
Zhong mengatakan tiga vaksin Tiongkok sedang dalam uji klinis di negara itu. Namun kemungkinan akan masih membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk bisa sempurna digunakan kepada manusia.
“Kita harus menguji lagi dan lagi dengan menggunakan berbagai jenis vaksin. Masih terlalu dini untuk menarik kesimpulan apa pun jenis vaksin yang tersedia untuk virus corona. Itu sebabnya saya menyarankan agar persetujuan akhir dari vaksin (akan) memakan waktu lebih lama,” ucap Zhong. zis, tri, cnn

baca juga :

Serahkan Sertifikat Tanah Warga, Gubernur Khofifah Tekankan Pentingnya Legalitas Kepemilikan

Redaksi Global News

Liga 1: Tercipta Dua Gol Spektakuler, Persebaya Ditahan Barito Putera

Recovery Rate Jatim Terus Naik, Tembus 2.150 Pasien Sembuh Baru dalam 14 Hari

Redaksi Global News