Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Indeks Utama

Stabilisasi Harga, PTPN XI Gelar Pasar Murah Gula

 

Penjualan gula murah yang dilakukan PTPN XI untuk menekan harga di pasaran, Rabu (13/5/2020).

SURABAYA (global-news.co.id) – PT Perkebunan Nusantara XI menggelar pasar murah gula kristal putih di seluruh pabrik wilayah kerja perusahaan yang tersebar di Jawa Timur, untuk membantu masyarakat memperoleh gula yang sulit didapat, terutama jelang Hari Raya Idul Fitri.

Humas PTPN XI Brilliant Johan A di Surabaya mengatakan pasar murah digelar selama sepekan ini dan serentak di Kantor Pusat Surabaya dan seluruh pabrik gula wilayah kerja PTPN XI yang berada di Kabupaten Madiun, Ngawi, Magetan, Pasuruan, Probolinggo, Bondowoso, Situbondo, Jember serta Kabupaten Lumajang.

“Seperti diketahui bersama, selain sulit didapat, harga gula di pasaran berada di atas harga eceran tertinggi (HET) yang sudah ditetapkan pemerintah,” katanya, Rabu (13/5/2020).

Ia mengatakan saat ini kebutuhan gula kristal putih untuk konsumsi langsung secara nasional sekitar 3 juta ton, sedangkan produksi gula kristal putih nasional sekitar 2,1 juta ton.

Akibatnya, kata dia, ada selisih kurang (defisit) supply dan demand yang menyebabkan gula jarang didapat di pasaran dan harga naik melebihi HET. “Oleh karena itu, dalam pasar murah gula ini kami salurkan sebanyak total 75 ton gula dan dijual dengan harga Rp 12.500 per kilogramnya,” katanya.

Teknis pelaksanaan penjualan, kata Brilliant, wajib memenuhi protokol pencegahan COVID-19 di antaranya menjaga jarak hingga menggunakan masker. “Selain penjualan langsung kepada masyarakat, PTPN XI berkoordinasi dengan aparat setempat dalam pelaksanaannya. Sehingga diharapkan lebih tepat sasaran dan menghindari kerumunan masa,” katanya. tri, ara

baca juga :

Bahas Penanganan Covid-19, Bupati Jember Beraudiensi dengan Kepala KPwBI

Redaksi Global News

Gubernur Khofifah Ingatkan Warga Antisipasi DBD, Kerawanannya Tidak Kalah Dibanding Corona

Redaksi Global News

Ngotot Mudik Otomatis ODP, 8.954 Desa Siapkan Ruang Isolasi

Redaksi Global News