Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

PBNU Tetapkan Idul Fitri Jatuh pada Minggu 24 Mei 2020

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah jatuh pada Minggu (24/5/2020).

JAKARTA (global-news.co.id)  – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah jatuh pada, Minggu (24/5/2020).
Hal itu ditetapkan PBNU berdasarkan hasil kajian Tim Rukyatul Hilal Lembaga Falakiyah PBNU pada, Jumat (22/5/2020).
Berdasarkan pemantauan hilal di sejumlah lokasi rukyat, hasilnya tim tidak melihat hilal.
“Atas dasar hasil rukyat tersebut dan sesuai dengan pendapat Al Madzahib Arba’ah, maka dengan ini PBNU mengikhbarkan/memberitahukan bahwa ibadah puasa Ramadan 1441 H istikmal 30 Hari, dan awal bulan Syawal 1441 H jatuh pada hari Minggu, tanggal 24 Mei 2020,” bunyi pernyataan PBNU dalam postingan di Instagram resmi PBNU, Jumat (22/5/2020).
PBNU juga meminta kepada warga NU dan umat Islam pada umumnya, agar menyempurnakan ibadah puasa 30 hari dan berhari raya pada hari Minggu, 24 Mei 2020.
Sementara itu, dalam pemantauan hilal Jumat (22/5/2020), pihak Kementerian Agama (Kemenag) juga belum mendapati hilal sebagai pertanda datangnya 1 Syawal 1441 H.
Pakar astronomi Tim Falakiyah Kemenag Cecep Nurwendaya mengatakan ketinggian hilal belum mencapai kesepakatan Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura (MABIMS).
“Bahwa tinggi hilal minimal dua derajat sampai tiga derajat. Kemudian umur bulan minimal delapan jam setelah terjadi ijtimak,” kata Cecep melalui siaran langsung YouTube resmi Kemenag, Jumat (22/5/2020).
Cecep menuturkan dikarenakan ketinggian hilal yang terlihat di bawah dua derajat bahkan minus, maka tidak ada referensi pelaporan hilal kalau hilal awal Syawal teramati di wilayah Indonesia.
Pengamatan hilal itu dilakukan oleh Tim Falakiyah Kemenag yang dilakukan di 80 titik di seluruh Indonesia. “Ini adalah referensi tapi kita tetap menunggu menunggu dari lokasi setidaknya ada 80 lokasi,” katanya. jef, yan

baca juga :

Pelaku Perjalanan Darat Jarak Jauh Hanya Wajib Antigen

Redaksi Global News

Liga 1: Persebaya Siap Tampil All Out Lawan Persik

Redaksi Global News

Dispendik Surabaya Instruksikan Seluruh SD-SMP Terima Siswa ABK

Redaksi Global News