Global-News.co.id
Gresik-Sidoarjo-Mojokerto Indeks Utama

Nekad Buka Peti Jenazah, 15 Warga Sidoarjo Terpapar COVID-19

Ilustrasi pemakaman pasien COVID-19.

SIDOARJO (global-news.co.id)– Sebanyak 15 warga Dusun Jati, Waru, Kabupaten Sidoarjo terpapar Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19 gara-gara keteledoran membuka peti jenazah pasien COVID-19. Kini, Gugus Tugas COVID-19 setempat memberlakukan pengetatan di dusun tersebut.
Pelaksana Tugas Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifudin menyampaikan kasus itu bermula ketika sekitar dua minggu lalu terdapat warga Dusun Jati yang meninggal dunia karena corona. Pihak rumah sakit sudah menangani pasien meninggal dunia itu sesuai SOP. Namun, sebelum dimakamkan jenazah dibawa ke rumah duka.
“Ketika di rumah (duka), kotak (peti) jenazah dibuka, malah kata Gubernur nggak hanya dibuka, malah dimandikan, tapi saya nggak tahu, ya, yang pasti dibuka, sehingga begitu kejadiannya. Jadi, klasternya, ya, klaster meninggal itu,” kata Cak Nur kepada wartawan di Balai Desa Brebek, Waru, Kabupaten Sidoarjo,  Minggu (17/5/2020).
Dia mengaku pihaknya telat menerima informasi itu dari lapangan. Padahal sudah jelas, ketika ada orang meninggal setelah positif corona, SOP-nya petugas yang memakamkan harus menggunakan hazmat.
“Jumlah tidak boleh banyak, kemudian kotak tidak boleh dibuka. Saya baru tahu setelah kejadian,” ucapnya.
Karena kejadian itu, Cak Nur mengaku Gugus Tugas COVID-19 Sidoarjo menerjunkan tim khusus ke dusun setempat agar penularan corona tidak meluas. Bahkan, isolasi secara ketat diberlakukan.
“(Lockdown) iya,  bahkan daerah Timur  itu harus tertutup, demikian pula dengan tempat ibadahnya,” tandasnya.
Kabupaten Sidoarjo adalah satu di antara tiga daerah di Surabaya Raya yang memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB dan akan berakhir pada 25 Mei 2020. Dari total 2.088 kasus se-Jatim berdasarkan data per 16 Mei 2020, di Sidoarjo sebanyak 281 kasus. Itu terbanyak kedua se-Jatim setelah Kota Surabaya dengan angka 1.035 kasus. pur

baca juga :

Ratusan Polisi Myanmar Membelot, Biarawati Hadang Militer

gas

Guna Atasi Kemiskinan, Pimpinan DPRD Surabaya Dukung Sinergitas UMKM

Menteri Juliari Tersangka, Program Bansos Tak Terganggu

Redaksi Global News