Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

45 Tahun ke Bawah Boleh Beraktivitas, MenPAN-RB Sebut PNS Tetap WFH

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo

JAKARTA (global-news.co.id) – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa wacana terkait usia 45 tahun ke bawah kembali beraktivitas belum berlaku bagi PNS.
Pasalnya, belum ada dasar hukum yang memperbolehkan hal tersebut.
“Produk hukum atau dasar perintah usia 45 tahun kembali bekerja belum ada. Sehingga masih berlaku PP tentang PSBB. Dalam PP tersebut diatur bahwa hanya sektor usaha tertentu yang dapat beroperasi khususnya pelayanan umum tetap tidak terganggu,” kata Tjahjo melalui pesan singkatnya, Selasa (12/5/2020).
Dia menilai bahwa jika kebijakan tersebut berlaku harus tetap memperhatikan PP tentang PSBB. Ada sektor-sektor tertentu yang diperbolehkan bekerja kembali. “Artinya hanya sektor yang diperbolehkan beroperasi yang bekerja kembali, seperti sektor logistik, pelayanan umum, kesehatan,” tuturnya.
Tjahjo mengatakan, saat ini bagi PNS masih berlaku sistem kerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Dia mengatakan bahwa pelaksanaan WFH PNS saat ini pun diatur oleh masih-masing pejabat pembina kepegawaian (PPK) sesuai dengan kondisi instansi. Menurutnya, saat ini belum diperlukan untuk mengubah surat edaran (SE) MenPAN-RB terkait WFH bagi PNS.
“SE MenPAN-RB mengenai WFH pada wilayah PSBB merupakan pelaksanaan dari PP PSBB yang dikeluarkan pemerintah dengan persyaratan yang ketat. Dengan demikian mungkin SE MenPAN-RB terkait WFH pada wilayah PSBB belum perlu diubah,” pungkasnya.ejo, yan

baca juga :

Jumlah Stunting Kota Mojokerto Terendah se-Jatim, Ning Ita Targetkan 5 Persen

Redaksi Global News

Skuad Dibubarkan, Pemain Borneo FC Libur hingga Lebaran

Kabupaten Gresik Borong Dua Penghargaan di Ajang Good Practice Awards 2018

gas