Global-News.co.id
Gresik-Sidoarjo-Mojokerto Indeks Utama

18 Mei, Pasien Positif Corona di Gresik Tambah 8 Orang

Istimewa
Gresik ada tambahan empat pasien positif corona dari klaster Pasar Sidowungu Menganti dan empat dari klaster Sampoerna. Adanya tambahan ini yang menyebabkan Pasar Ayam Sidowungu akan ditutup.

GRESIK (global-news.co.id) – Kasus konfirmasi positif COVID-19 di Gresik bertambah delapan orang hari ini. Empat dari klaster Pasar Sidowungu Menganti dan empat dari klaster Sampoerna. Adanya tambahan ini yang menyebabkan Pasar Sidowungu akan ditutup.
Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perindag Agus Boediono mengaku sudah menghubungi perangkat kecamatan setempat. Saat ini pihaknya sedang menyiapkan berkas untuk penutupan pasar ayam itu. “Terpaksa akan ditutup sementara waktu,” katanya, Senin (18/5/2020).
Sementara itu, secara terpisah Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik drg Syaifuddin Ghozali menjelaskan pasien positif corona dari Sidowungu masih dalam satu keluarga. Sebelumnya mereka melakukan kontak dengan pasien positif sebelumnya.
Dengan demikian klaster Pasar Sidowungu saat ini menjadi enam orang.
Selain klaster pasar, tambahan juga disumbang dari klaster Sampoerna. Sebelumnya, dari klaster pabrik rokok itu sudah ada enam warga Gresik yang positif. Tapi tiga diantaranya masuk data Surabaya. Klaster Sampoerna sudah menyumbang 10 pasien positif di Gresik. Tambahan empat positif itu berasal dari hasil rapid test terhadap 36 pekerja dan yang hasilnya reaktif ditindaklanjuti dengan tes swab PCR.
“Dari 36 pekerja itu pertama keluar hasil 12 pekerja dan hasilnya dua positif. Nah ini sisanya ada tambahan empati positif lagi, ”tuturnya.
Seperti diberitakan, Satgas COVID-19 Gresik sudah mendata ada 221 warga Gresik yang bekerja di pabrik rokok Sampoerna Surabaya. Dari jumlah itu semua telah dilakukan tes cepat dengan hasil 36 pekerja reaktif. Kemudian mereka ditindaklanjuti dengan tes swab, hasilnya untuk sementara enam orang positif.
Sedangkan empat orang positif dari klaster Sampoerna itu, tiga orang berjenis kelamin perempuan, dan satu pasien adalah suami dari salah satu pekerja perempuan tersebut.
Sementara untuk persebaran pasien corona di Gresik,  dari Desa Putat Lor satu positif, Desa Palemwatu satu positif, Desa Sidowungu empat positif, Desa Laban positif, dan Desa Sidokumpul, Gresik satu positif. “Hubungan mereka kontak dengan pasien sebelumnya yang positif  tanpa gejala,” pungkas Syaifuddin Ghozali. sep

baca juga :

GLOBAL NEWS Edisi 268 (28 Oktober – 4 November 2020)

Redaksi Global News

Peneliti Havard Sarankan AS Perlu Social Distancing COVID-19 hingga 2022

Redaksi Global News

Rizal Ramli: Kita Harus Berani Buat Gebrakan