Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Indeks Utama

10 Mei 2020, Lion Air Group Buka Kembali Layanan Penerbangan Domestik

 

Maskapai penerbangan Lion Air Group akan kembali melayani penerbangan domestik, Minggu (10/5/2020). Adapun tiga penerbangan Lion Air Group yakni Lion Air, Wing Air dan Batik Air.

JAKARTA (global-news.co.id) — Maskapai penerbangan Lion Air Group akan kembali melayani penerbangan domestik, Minggu (10/5/2020). Adapun tiga penerbangan Lion Air Group yakni Lion Air, Wing Air dan Batik Air.
Meski demikian, Lion Air tetap menjalankan standar operasional prosedur melakukan protokol kesehatan sesuai ketentuan yang diberlakukan serta tidak menyebabkan penyebaran COVID-19.
“Terkait dengan rencana pengoperasian kembali yang melayani jaringan domestik, bahwa akan dijadwalkan mulai Minggu, 10 Mei 2020,” kata Corporate Communications Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro melalui keterangan resminya Jakarta, Kamis (7/5/2020).
Danang menjelaskan, seluruh layanan Lion Air Group mengacu pada Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang mengatur kebijakan mengenai larangan aktivitas mudik. Juga Surat Edaran Nomor 31 Tahun 2020 Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan tentang Pengaturan Penyelenggaraan Transportasi Udara Selama Masa Dilarang Mudik Idul Fitri 1441 Hijriyah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).
Dengan demikian, calon penumpang wajib melengkapi dan menunjukkan kelengkapan dokumen perjalanan yang dibutuhkan serta mengikuti protokol pengamanan kesehatan diri sebagaimana diberlakukan dalam aturan dimaksud.
Selain itu, operasional Lion Air Group dipersiapkan secara menyeluruh dan berupaya maksimal dalam rangka memberikan pelayanan dengan melaksanakan berbagai langkah antisipasi, agar tujuan pelaksanaan penerbangan rute domestik tetap berjalan berdasarkan ketentuan berlaku yang memenuhi aspek keamanan, keselamatan perjalanan udara (safety first).
Danang menjelaskan demi upaya memastikan keseluruhan unsur-unsur tersebut, Lion Air Group menerapkan semua ketentuan penerbangan yang berlaku selama pandemi COVID-19, antara lain untuk kesehatan awak pesawat dan petugas layanan lainnya, Lion Air Group sudah mengikuti rekomendasi protokol kesehatan, seperti pengecekan suhu badan, menjaga pola hidup sehat, mencuci tangan, membersihkan tangan dengan cairan (hand sanitizer), penggunaan sarung tangan dan wajib menggunakan masker.
“Pemeriksaan kesehatan awak pesawat sebelum penerbangan (pre-flight health check) wajib dan sangat penting guna menentukan kondisi sehat serta laik terbang (airworthy for flight) serta tindakan preventif lainnya,” katanya.
Juga ada pengaturan jarak aman antar tamu atau penumpang (physical distancing) dalam kabin pesawat pada setiap penerbangan. Tipe pesawat Boeing 737-800NG, Boeing 737-900ER, Airbus 320-200CEO dan Airbus 320-200NEO pada kelas ekonomi yang berkonfigurasi 3-3, maka khusus kursi di tengah (B dan E) tidak dipergunakan (tanda petunjuk X).
Sterilisasi dan kebersihan pesawat terus dilakukan secara rutin serta ditingkatkan, meliputi aircraft interior exterior cleaning (AIEC), terdiri aircraft interior cleaning (membersihkan detail setiap bagian dalam pesawat) dan aircraft exterior cleaning (membersihkan bagian luar pesawat).
Selain itu, Danang juga menginformasikan Lion Air Group ada penyesuaian terminal keberangkatan dan kedatangan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta. Penerbangan domestik Lion Air dari Terminal 1A pindah ke Terminal 2E. Sementara itu, penerbangan internasional Lion Air, Batik Air, Malindo Air dan Thai Lion AirĀ  dari Terminal 2F pindah ke Terminal 3. jef, tri

baca juga :

Bupati Cellica Positif Corona, Pejabat Pemkab Karawang Ramai-ramai Isolasi Diri

Redaksi Global News

Konferensi II PWI Madiun mendapat Apresiasi Ketua PWI Jatim

gas

2020, Sutiaji Fokus Atasi Macet dan Banjir

Redaksi Global News