Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

Puncak Corona di Indonesia Diprediksi Juli, Capai 106.000 Kasus

Wiku Adisasmito

JAKARTA (global-news.co.id) –  Sejumlah ilmuwan memprediksi puncak penyebaran virus corona COVID-19 di Indonesia akan terjadi pada Juni dan Juli ini dengan jumlah kasus yang terkonfirmasi terinfeksi virus corona mencapai 106 ribu.
Hal ini disampaikan oleh Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito seperti dilansir dari YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (19/4/2020).
Dalam pemaparan berbahasa Inggrisnya, Wiku menyebut tim pakar gugus tugas mengumpulkan informasi dan prediksi mengenai puncak virus corona di Indonesia dari ilmuwan dan institusi terpercaya.
Dari data tersebut, secara kumulatif puncak penyebaran virus corona di Indonesia pada awal Mei dan awal Juni 2020 dengan total pasien positif corona bisa mencapai 95 ribu.
“Selama Juni dan Juli, kasus terkonfirmasi secara kumulatif akan bertambah mencapai 106 ribu kasus,” ujar Wiku.
Wiku menambahkan ini semua masih bentuk prediksi dan seperti prediksi pada umumnya tidak memiliki angka yang pasti atau belum tentu benar.
“Kami memiliki cara kolektif mengacu pada peraturan yang ada dan memastikan prediksi adalah prediksi dan kasus sebenarnya lebih rendah dari prediksi,” pungkasnya.
Sementara itu jumlah pasien yang terkonfirmasi positif virus corona baru atau COVID-19 hingga Minggu (19/4/2020) mencapai 6.575 orang. Pasien tersebut tersebar di 34  provinsi Indonesia. Kasus tersebut juga sudah menyebar di 250 kabupaten/kota yang ada di Indonesia.
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menjelaskan jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) yaitu 178.000. Untuk jumlah Pasien Dalam Pemantauan (PDP) berjumlah 15.464.
“PDP ini jumlah yg kita sedang konfirmasi pemeriksaan laboratoriumnya,” kata Yuri.
Sementara pasien sembuh bertambah 55 menjadi 686 orang. Pasien yang meninggal bertambah menjadi 47 menjadi 582 orang. tri, cnb

baca juga :

Persaingan Kian Ketat, Penjualan Semen Indonesia Semester I Meningkat

Redaksi Global News

2 Provinsi dan 21 Kabupaten/Kota Kantongi Izin PSBB

Redaksi Global News

Hanya Makan Buah Setiap Hari, Sehatkah?

Redaksi Global News