Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

Program Listrik Gratis 450 VA Dimulai Hari Ini

Mulai hari ini pemerintah membebaskan pembayaran listrik bagi pelanggan PLN 450 VA dan diskon 50% bagi pelanggan 900 VA.

SURABAYA (global-news.co.id) – Mulai Rabu (1/4/2020) ini, Pemerintah membebaskan pembayaran listrik bagi pelanggan dengan daya 450 Volt Ampere (VA) dan diskon 50% bagi pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi. Insentif listrik ini diberikan untuk meringankan beban masyarakat di tengah wabah corona.

Direktur Utama PT PLN (Persero), Zulkifli Zaini, mengatakan, kebijakan ini berlaku selama 3 bulan, yakni April, Mei dan Juni 2020. “Kemarin PLN langsung menyiapkan pelaksanaan teknis atas kebijakan Bapak Presiden. Pelanggan 450 VA dan 900 VA bersubsidi di PLN ada dua jenis, yakni yang memakai kWh meter pascabayar dan prabayar atau menggunakan token. Untuk yang pascabayar tidak ada masalah, karena pembebasan tagihan akan diterima pelanggan pada setiap periode pembayaran,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (1/4/2020).

Sementara untuk pelanggan pra bayar akan diberikan token gratis sebesar pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian tiga bulan terakhir.

“Saat ini ada sekitar 24 juta data pelanggan 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem. Proses ini akan tuntas dalam sepekan ke depan, sehingga seluruh pelanggan yang digratiskan dan mendapatkan diskon sudah dapat terlayani seluruhnya. Mekanismenya kami buat yang paling mudah dan mungkin, sehingga tidak menyulitkan pelanggan,” terangnya.

Pelanggan yang telanjur membeli token, token gratis akan tetap diperhitungkan pada pembelian bulan berjalan.  “Jadi token yang telah dibeli tidak hilang,” ujar Zulkifli.

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan PT PLN tidak akan merugi terkait kebijakan listrik gratis untuk 24 juta pelanggan 450 VA dan diskon 50% untuk pelanggan 900 VA. Pasalnya pemerintah sudah menganggarkan dana sebesar Rp 3,5 triliun untuk kebijakan tersebut.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana, mengatakan, sebelum paket atau stimulus ini dikeluarkan, Kementerian ESDM sudah melakukan koordinasi dengan PLN dan Kemenkeu. Artinya, sudah disiapkan berbagai antisipasi terkait kebijakan pemberian listrik gratis tersebut.  “Kita sudah antisipasi, yang pasti PLN enggak rugi. Jadi yang Rp 3,5 triliun pada saatnya dialokasikan untuk penambahan subsidi kedua golongan,” ujarnya.

 

baca juga :

Per April 2022, Flandy Limpele Gabung Pelatnas PBSI

Redaksi Global News

Peduli Nakes, Bantu RS Siti Hajar Aromaterapi Pelega Pernafasan

Redaksi Global News

Kapolresta Sidoarjo Pantau Arus Balik Lebaran di Rest Area KM 753

gas