Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Permintaan Warga, Akses Surabaya-Sidoarjo via Rungkut Menanggal Ditutup

Penutupan Jalan Rungkut Menanggal yang diprakarsai oleh warga setempat, Minggu (5/4/2020).Jalan ini menjadi salah satu pintu masuk ke Surabaya dari Sedati Sidoarjo.

SURABAYA (global-news.co.id) – sejumlah warga melakukan isolasi wilayah mandiri guna menanggulangi penyebaran wabah corona baru atau COVID-19.
Salah satunya penutupan Jalan Rungkut Menanggal. Selama.ini jalan tersebut menjadi salah satu pintu masuk ke Surabaya dari Sedati Sidoarjo. Penutupan jalan ini disebut merupakan inisiatif warga setempat. Warga melangkah lebih cepat karena tidak ingin terpapar virus COVID-19 yang pemyebarannya makin masif. Mereka berupaya menangkal penyebaran virus corona dengan disiplin,  menerapkan physical distancing.
“Itu bagian antisipasi yang saat ini diprakarsai oleh warga,” kata Camat Gunung Anyar Anna Fajriatin saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (5/4/2020).
Penutupan itu, lantaran warga ingin melindungi kawasan mereka dari pandemi COVID-19. Terlebih gerakan physical distancing kini tengah digencarkan oleh pemerintah.
Anna mengatakan, penutupan itu sementara bakal mengalihkan pengendara untuk menuju jalan utama.
Di jalan utama yang menuju Surabaya sendiri, saat ini telah disebar banyak posko yang dijaga oleh petugas gabungan. Di posko inilah pengendara diberikan imbauan serta penyemprotan disinfektan.
Sehingga, pengendara yang hendak masuk Surabaya setidaknya dalam keadaan steril guna menekan angka penyebaran virus corona.
Lebih lanjut Anna mengatakan, tujuan dari warga itu sebenarnya adalah ingin tertib menerapkan physical distancing.
Tak hanya untuk warga sendiri, melainkan juga bagi warga luar yang hendak masuk Surabaya. Karena semakin banyak akses yang ditutup, gerakan physical distancing akan semakin disiplin dilakukan. “Ini upaya dan ikhtiar dari warga,” terangnya.
Penutupan jalan itu dilakukan di dua sisi, yakni, tepatnya di Gerbang Perumahan Pondok Tjandra Indah. Kemudian juga di Jalan Rungkut Menanggal yang menjadi akses arah Surabaya menuju Sidoarjo. Penutupan ini juga didukung perangkat Kelurahan Rungkut atas permintaan warga setempat. pur, tri, ins

baca juga :

Bupati se-Madura Sepakat Madura Jadi Provinsi

Redaksi Global News

Pilkada Mojokerto, IKBAR Tumbangkan Petahana

Redaksi Global News

Ketika WNI “Bonek” Merintis Usaha di Amerika: Cie Siang Sempat Meremehkan Resep Nenek, Kini ‘Menggeprek’ Philadelphia

gas