Global-News.co.id
Indeks Mancanegara Utama

Nilai WHO Bermasalah, Jepang Siap Evaluasi Bantuan Dana

Shinzo Abe

TOKYO (global-news.co.id) — Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyatakan pemerintahannya akan mengevaluasi bantuan anggaran kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) usai pandemi virus corona, dan menyatakan ada sejumlah permasalahan di dalam lembaga tersebut.
“Kita harus mendukung WHO saat ini. Bagaimanapun, memang benar ada sejumlah permasalahan. Saya pikir hal itu perlu ditelaah kembali setelah pandemi virus corona dinyatakan berakhir,” kata Abe di Tokyo seperti dilansir CNN, Sabtu (18/4/2020).
Abe mengatakan WHO memiliki sikap politik tersendiri. Dia mengatakan selama beberapa tahun ini Jepang terus mendorong WHO supaya memasukkan Taiwan menjadi negara anggota.
Permintaan tersebut tidak bisa dikabulkan karena dianggap akan membawa dampak politik. Sebab, Tiongkok yang merupakan anggota WHO, yang merupakan organisasi di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa, tidak mengakui Taiwan sebagai negara dan menyatakan sebagai salah satu provinsi.
Pemerintah Taiwan juga berselisih dengan WHO karena laporan mereka soal virus corona yang bisa menular antar manusia diabaikan. Mereka juga kecewa karena WHO tidak menyertakan laporan kasus virus corona di Taiwan sebagai bagian dari Tiongkok.
Sikap Jepang yang menyatakan akan mengevaluasi bantuan bagi WHO sama dengan sekutunya, Amerika Serikat. Malah Presiden AS Donald Trump, memutuskan menghentikan sementara bantuan anggaran untuk WHO.
Trump menuduh WHO tidak terbuka terkait data virus corona dan berpihak kepada Tiongkok. zis, cnn

baca juga :

Tim Loncat Indah Jatim Lampaui Target

Redaksi Global News

DPRD Dorong RPH Optimalkan Aset

Redaksi Global News

Milenial Jadi Bidikan Pengembang Properti di Gresik

Redaksi Global News