Global-News.co.id
Indeks Mancanegara Utama

Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Segera Dibuka Lagi

Pemerintah Arab Saudi mengizinkan penduduk untuk salat berjamaah di Masjidil Haram selama Ramadan tetapi wajib menjaga jarak.

SURABAYA (global-news.co.id) – Dua masjid suci, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi akan segera dibuka lagi untuk aktivitas ibadah seperti biasanya. Kabar baik tersebut disampaikan Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais, Presiden Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

“Saya membawa kabar baik kepada Muslim dunia bahwa aktivitas ibadah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi segera bisa normal kembali,” ujar Sudais dikutip dari akun media sosial Haramain di Twitter, Rabu (29/4/2020).

Dia menyebut, kedua masjid tersebut akan dibuka untuk Tawaf dan shalat wajib serta penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

Tidak disebutkan kapan kedua masjid suci itu akan kembali dibuka.  Sudais menyebut, pembukaan akses untuk Masjidil Haram dan Masjid Nabawi itu diakui dilakukan dengan penghitungan cermat.  “Kami tidak ingin terburu-buru membuka dua masjid suci karena semua langkah yang diambil demi kemaslahatan bersama,” katanya.

Sejak Februari lalu, Pemerintah Arab Saudi telah menutup Masjidil Haram untuk kegiatan umrah demi mencegah penyebaran virus corona Covid-19. Sedang di bulan Ramadhan ini, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi juga ditutup untuk salat fardhu dan Tarawih. Ibadah hanya diikuti oleh para staf dengan menerapkan jarak.

Isyarat dibukanya kembali Masjidil Haram untuk umrah dan salat juga disampaikan Kementerian Haji dan Umrah Saudi melalui Twitter.

Sheikh Al-Sudais mengajak semua umat Islam di dunia untuk terus berdoa melawan pandemi Covid-19. “Kami meminta Muslim dunia untuk berdoa kepada Penjaga Dua Masjid Suci supaya dalam keadaan baik,” ujar dia.ari

baca juga :

Risma-Wisnu Dilantik 15 Februari

Redaksi Global News

Banjir Landa Mojokerto, Sejumlah Desa Terendam

Redaksi Global News

Beri Pengarahan Pelajar yang Ikut Demo, Risma Minta Mereka Minta Maaf di Kaki Orangtuanya

Redaksi Global News