Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Gubernur Khofifah Minta Dapur Umum Pemda Gandeng UMKM

Gubernur Khofifah saat meninjau dan menyapa para petugas Kodam V Brawijaya, Polda Jatim dan Tagana, yang sedang bekerja menyiapkan masakan santap buka puasa di dapur umum yang didirikan oleh Pangdam V Brawijaya di kawasan lapangan tenis Kodam V Brawijaya, Kamis (30/4/2020) sore.

SURABAYA (global-news.co.id)) — Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendorong Pemda yang sedang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) memperbanyak titik dapur umum guna memperluas penjangkauan masyarakat terdampak COVID-19 terhadap akses suplai makanan.
Khofifah mendorong agar Pemda setempat bisa memberdayakan UMKM untuk turut menjadi pelaku penyiapan makanan siap saji, untuk kemudian didistribusikan bagi warga terdampak COVID-19 sebagai sajian buka puasa dan makan sahur.
Hal itu disampaikan Gubernur Khofifah saat meninjau dan menyapa para petugas Kodam V Brawijaya, Polda Jatim dan Tagana, yang sedang bekerja menyiapkan masakan santap buka puasa di dapur umum yang didirikan oleh Pangdam V Brawijaya di kawasan lapangan tenis Kodam V Brawijaya, Kamis (30/4/2020) sore.
Bersama Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan dan Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Widodo Iryansyah, Gubernur Khofifah meninjau kesiapan makanan siap saji yang akan didistribusikan untuk buka puasa bagi masyarakat terdampak COVID-19 di sekitar Makodam V Brawijaya.
Di dapur umum yang mampu memasak sebanyak 2.200 porsi makanan dalam sehari, Gubernur Khofifah memberikan motivasi dan juga apresiasi pada petugas yang tengah bekerja.
“Dapur ini adalah inisiatif dari Pak Pangdam dan Pak Kapolda Jatim  serta Pemprov Jatim untuk  menyiapkan dapur umum di titik yang sangat strategis. Lalu di Surabaya Pak Kapolda juga menginisiasi dapur umum bersama marinir dan Poltabes Surabaya  dengan format yang sama di PPI Surabaya,” katanya.
Menu makanan yang disiapkan di dapur umum ini beragam. Mulai nasi putih, olahan sayuran, olahan ikan dan juga olahan daging ayam. Makanan hasil masakan dapur umum tersebut didistribusikan pada masyarakat sekitar.
Saat ini  BPBD Provinsi Jawa Timur sudah menyiapkan lima titik dapur umum  di kota Surabaya dengan bekerjasama dengan para pedagang kaki lima. Khofifah mendorong agar dapur umum ini diperbanyak mengingat wilayah Kota Surabaya yang begitu luas.
“Tadi di PPI saya juga menyampaikan kita bisa memaksimalkan dengan  memberdayakan UMKM yang berjualan makanan, pedagang kaki lima, yang ada di depan dapur umum, untuk bisa turut menyediakan penyiapan makanan untuk warga terdampak,” tegas Khofifah.
Menurut Khofifah dengan menggandeng UMKM maupun pedagang kaki lima yang berjualan makanan untuk turut menyediakan makanan siap saji saat sahur dan buka puasa, akan memperluas jangkauan masyarakat yang mendapatkan akses bantuan.
“Kami yang ada di Pemprov tentu akan berseiring dengan apa yang bisa dimaksimalkan oleh Pemkot Surabaya. Jadi sama yang ada di Gresik, dan Sidoarjo, saya rasa Surabaya ini masyarakatnya lebih padat dan lebih luas dan  lebih banyak yang terdampak sehingga memang pada saat PSBB ini upaya untuk bisa saling meringankan beban masyarakat yang terdampak  membutuhkan gotong royong yang maksimal,” tegas Khofifah.
Sementara itu Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Widodo Iryansyah mengatakan bahwa titik dapur umum ini memiliki kapasitas produksi hingga 2.200 porsi per harinya. “Untuk distribusinya kita bisa ada armada khusus yaitu kendaraan kecil yang bisa masuk-masuk ke gang dan menjangkau nasyarakat yang ada di pelosok kawasan. Jangkauannya untuk warga terdampak COVID-19 di Surabaya Selatan, Surabaya Timur dan Surabaya Utara,” pungkas Widodo. pur, fan

baca juga :

Tangani Pelayanan Kesehatan Atlet, KONI Jatim Gandeng RSUD Dr Soetomo

Redaksi Global News

APBD 2023, DPRD Surabaya Dorong 40 Persen Anggaran untuk UMKM Tepat Sasaran

Redaksi Global News

Putri Candrawathi, Istri Tersangka Ferdy Sambo Penuhi Panggilan Penyidik Bareskrim Polri

Redaksi Global News