Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

AS Ragukan Kasus Corona RI, Berharap Pemerintah Perbanyak Pemeriksaan

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS menilai kasus corona di Indonesia bisa jadi lebih banyak karena belum semuanya terlaporkan. Karena itu pemerintah diminta memperbanyak tes COVID-19.

JAKARTA (global-news.co.id) – Jumlah kasus virus corona (COVID-19) di Indonesia mencapai 5.136 kasus per Rabu (15/4/2020). Dari total itu sebanyak 469 meninggal dan 446 sembuh.

Namun ternyata, jumlah itu diragukan oleh Amerika Serikat (AS). Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) AS mengatakan kasus corona di Indonesia bisa jadi lebih banyak karena belum semuanya terlaporkan. Apalagi jika melihat jumlah kasus corona yang relatif kecil namun angka kematiannya tinggi.

“Jika sebuah negara melampirkan data, lalu kita melihat sedikitnya jumlah kasus tetapi angka kematian yang relatif tinggi, kami menjadi penasaran kalau masih ada kasus-kasus (COVID-19) yang mungkin belum terlaporkan,” kata Pimpinan Gugus Tugas COVID-19 CDC Barbara Marston dalam jumpa pers melalui telekonferensi, Rabu (15/4/2020).

Dia melihat di Indonesia memiliki jumlah kasus corona parah dan tingkat kematian yang tinggi. “Hal itu membuat kami bertanya apakah jika dilakukan lebih banyak pemeriksaan lagi jumlah kasus akan bertambah,” tambahnya sebagaimana dilaporkan CNN Indonesia.

Meski begitu, Marston menegaskan bahwa CDC tidak menganggap laporan pemerintah Indonesia terkait jumlah kasus dan kematian akibat corona, salah atau tidak tepat.

Ia hanya berharap pemerintah Indonesia bisa melakukan lebih banyak tes corona lagi agar kasus-kasus yang tidak teridentifikasi bisa segera diketahui. “Kami tidak mempertanyakan laporan resmi, kami tidak melakukan itu, tapi kami membayangkan jika dilakukan lebih banyak tes lagi akan mampu mengidentifikasi pasien-pasien ini,” jelas Marston.

Menurut Worldometer, negara berpenduduk terpadat keempat di dunia ini baru melakukan tes terhadap 31.628 orang per Rabu. Itu berarti Indonesia baru melakukan tes corona terhadap 116 orang per satu juta populasinya.

Pemerintah menyatakan total kasus positif virus corona (COVID-19) di Indonesia hingga Rabu (15/4/2020) pukul 12.00 sebanyak 5.136 orang. Jumlah tersebut bertambah 297 pasien kasus positif dibandingkan dengan sehari sebelumnya. tri, cnn

baca juga :

Sri Mulyani Waspadai Peningkatan Utang Luar Negeri

Redaksi Global News

Daging Ayam Melejit Tembus Rp 40 Ribu

Titis Global News

Bukan Delik Aduan, PWNU Jatim Minta Kasus Ahok Diusut Tuntas

Rofiq