Global-News.co.id
Indeks Mancanegara Utama

91 Orang Sudah Sembuh di Korea Selatan Kembali Positif Corona

Sebanyak 91 pasien yang semula dinyatakan sembuh dari penyakit infeksi virus corona (COVID-19), ternyata setelah dites lagi, mereka kembali mendapat hasil positif terjangkit virus yang sama.

SEOUL (global-news.coi.id)  – Otoritas kesehatan Korea Selatan pada hari ini mengumumkan bahwa 91 pasien yang semula dinyatakan sembuh dari penyakit infeksi virus corona (COVID-19), ternyata setelah dites lagi, mereka kembali mendapat hasil positif terjangkit virus yang sama.
Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan (KCDC) Jeong Eun-kyeong menyatakan, virus corona di dalam tubuh mereka berkemungkinan besar telah aktif kembali. Bukan karena para pasien itu tertular untuk kedua kalinya.
Namun, pihak otoritas kesehatan juga belum dapat memastikan apa yang sesungguhnya terjadi pada kecenderungan tersebut, selagi penyelidikan epidemiologis masih berjalan. Menurut pakar kesehatan, hasil tes yang keliru juga bisa menjadi penyebab, atau sisa-sisa infeksi virus masih berada dalam sistem tubuh pasien namun tidak dapat menjangkiti orang lain.
“Ada interpretasi yang berbeda-beda serta banyak variabel. Pemerintah perlu bersiaga untuk merespon setiap variabel tersebut,” ujar profesor kedokteran paru di Rumah Sakit Sacred Heart Universitas Hallym itu.
Kemungkinan terpapar kembali virus corona tengah menjadi pusat perhatian dunia internasional saat ini. Hal tersebut seiring dengan banyaknya negara yang berharap bahwa masyarakat mereka yang terinfeksi akan mempunyai imunitas yang cukup untuk mencegah kemunculan gelombang lain COVID-19.
Sejauh ini, dari 10.450 kasus positif COVID-19 yang terkonfirmasi di Korea Selatan, hampir 7.000 pasien dilaporkan sembuh. “Angka yang kembali terjangkit akan naik, 91 orang hanya permulaan pada saat ini,” kata profesor bidang penyakit infeksi di Rumah Sakit Guro Universitas Korea, Kim Woo-joo.
Laporan pada Senin (6/4/2020) lalu juga menunjukkan kasus serupa. Kala itu, sebanyak 51 orang yang telah sembuh dari penyakit virus corona dinyatakan positif kembali mengidap COVID-19 setelah dites ulang, tak lama mereka selesai menjalani karantina.
KCDC menyatakan, orang-orang dari Kota Daegu dan sekitar Provinsi Gyeongsang Utara itu dinyatakan positif terinfeksi virus corona setelah mereka dibebaskan dari karantina. Sementara, ungkap Kantor Berita Yonhap, Provinsi Gyeongsang Utara itu memang menjadi episentrum pandemi COVID-19 di Korea Selatan. zis, ine, ins

baca juga :

Arek-Arek Suroboyo Diminta Teruskan Kegigihan Pejuang

Redaksi Global News

Kasus Guru Pukul Siswa Berakhir Damai, Walikota Eri: Semoga Jadi Pembelajaran

Redaksi Global News

Tiket Mudik Lebaran dari Malang Sudah Terjual 50%

Redaksi Global News