Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

Update Corona di Indonesia, Positif 227 Kasus, 19 Meninggal, 11 Sembuh

 Juru bicara pemerintah dalam penanganan virus corona Achmad Yurianto di BNPB Jakarta, Rabu (18/3/2020).

JAKARTA (global-news.co.id)  — Pemerintah menyebut kasus positif virus corona atau COVID-19 per Rabu (18/3/2020) pukul 12.00 mencapai 227 orang, dengan 19 orang meninggal dunia.

“Pada periode 17 Maret pukul 12.00  sampai 18 Maret pukul 12.00 ada penambahan kasus 55 kasus positif,”  kata  juru bicara pemerintah dalam penanganan virus corona Achmad Yurianto di BNPB Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Ia merinci kasus-kasus positif corona terbaru itu berasal dari Banten empat kasus, DIY satu kasus, DKI 30 kasus positif, Jawa Barat 12 kasus, Jateng dua kasus positif, Sumatera Utara satu kasus positif, Lampung satu kasus, Riau satu kasus, dan Kaltim satu kasus positif. Selain itu, ada dua pasien lainnya berdasarkan pemeriksaan mandiri.

Dari pasien-pasien itu, Yuri juga menyebut ada peningkatan jumlah korban meninggal dunia. “Total kasus yang meninggal 19 kasus,” ucapnya.

Rianciannya, Bali satu orang, Banten 1 kasus, DKI 12 kasus, Jabar 1 orang, Jateng dua kasus, Jatim satu kasus, dan Sumut satu korban meninggal.

Selain itu, Yuri menyebut ada 11 kasus pasien corona yang dinyatakan sembuh. Mereka berasal dari Banten (1 pasien), Jakarta (9 kasus), dan Jabar (1 kasus). “Secara akumulatif 11 kasus bisa dipulangkan,” imbuhnya.

Yuri menyebut lonjakan kasus ini terjadi karena beberapa RS di daerah belum melaporkan kasus corona sejak 12 Maret-17 Maret. Sebelumnya, per Selasa (17/3/2020), jumlah pasien positif corona mencapai 172 orang, dengan jumlah yang meninggal dunia 7 orang dan pasien sembuh 9 orang.

Pasien Malang Meninggal

Dua pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang dinyatakan positif menderita virus corona atau COVID-19. Satu di antaranya sudah meninggal dunia.

Wakil Direktur RSSA Kota Malang dr Syaifullah Asmiragani mengatakan, sampai saat ini RSSA sudah merawat sebanyak 10 pasien dengan dalam pengawasan dan suspect corona. Dua pasien yang dinyatakan positif menderita corona itu bagian dari 10 pasien yang dirawat. Pasien yang positif itu merupakan pasien ke-7 dan ke-8. Sedangkan yang sudah meninggal dunia pasien ke-8.

Untuk pasien ke-7 sampai saat ini masih menjalani perawatan di ruang isolasi corona RSSA Kota Malang. “Yang positif pasien ke-7 dan ke-8,” kata Syaifullah usai konferensi pers di RSSA Kota Malang, Rabu (18/3/2020).

Pasien positif corona yang meninggal merupakan pasien perempuan berusia 51 tahun. Dia masuk ke RSSA Kota Malang pada Kamis, 12 Februari 2020. Dua hari kemudian pasien itu dinyatakan meninggal dunia. “Yang meninggal, Kamis tanggal 12 (masuk ke RSSA). Meninggal tanggal 14. Dua hari perawatan karena kondisinya sudah jelek,” kata Syaifullah.

Sedangkan pasien positif corona yang masih dalam perawatan berjenis kelamin laki-laki berusia 20 tahun. Kedua memiliki ikatan pekerjaan. Sebenarnya, ada tiga pasien yang meninggal dari 10 pasien yang dirawat di RSSA. Namun, dua pasien lainnya dinyatakan negatif corona. “Dari 10 pasien itu ada tiga yang meninggal. Dua itu negatif. Satu yang positif. Yang dua bagaimana, yang dua bisa saja penyakit yang lain,” kata dia. ejo, ine, ins

baca juga :

ITS Tiga terbaik di Indonesia versi THE World University Rankings 2021

Redaksi Global News

Halal bi Halal Sasana Arya Bebangah

gas

Bertambah 11.278, Kasus Covid-19 di Indonesia Capai 858.043 Orang

Redaksi Global News