Global-News.co.id
Indeks Mataraman Utama

Pacitan Diguncang Gempa 5 SR, Jogja hingga Purworejo Ikut Bergoyang

Gempa bumi berkekuatan 5,0 SR mengguncang yang Kabupaten Pacitan, Kamis (12/3/2020) pukul 15.03 .

JAKARTA (global-news.co.id) – Gempa bumi berkekuatan 5,0 SR mengguncang yang Kabupaten Pacitan, Kamis (12/3/2020) pukul 15.03 . Gempa turut dirasakan di beberapa daerah di Jatim hingga Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Jogjakarta.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan guncangan gempa bumi dirasakan dalam skala intensitas II-III MMI di Jogjakarta, II-III MMI di Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, II-III MMI di Kabupaten Klaten. Kemudian dalam skala II-III MMI di Kabupaten Bantul, II-III MMI di Kabupaten Ponorogo, I-II MMI di Kabupaten Cilacap, dan skala intensitas I-II MMI di Kabupaten Purworejo.

Menurut analisis BMKG, episenter gempa bumi berlokasi di titik koordinat 8,99 Lintang Selatan (LS) dan 110,60 Bujur Timur (BT). Pusat gempa tepatnya berjarak 106 kilometer (km) dari arah Barat Daya Kabupaten Pacitan. Sementara kedalaman gempa bumi 15 km.

“#Gempa Mag:5, 12/05/2020 15:03:17 (Pusat gempa di laut 106 km Barat Daya Pacita), Kedlmn:15 Km Dirasakan (MMI) II-III Yogyakarta, II-III Wonosari, II-III Klaten, II-III Bantul, II-III Ponorogo, I-II Cilacap, I-II Purworejo, #BMKG,” kata BMKG dalam akun Twitter @infoBMKG.

Hingga kini, belum ada laporan yang diterima BMKG dari masyarakat mengenai dampak gempa yang menimbulkan kerusakan bangunan maupun korban jiwa. ins

baca juga :

Pastikan Stok Beras Jatim Aman, Gubernur Jatim Sidak Gudang Bulog Sidoarjo

Redaksi Global News

Dukung Kebangkitan UMKM, Ini Bentuk Dukungan BNI

Redaksi Global News

Banjir Lahar Dingin Semeru, Pemprov Jatim Salurkan Bantuan ke Lokasi Bencana