Global-News.co.id
Indeks Pendidikan Utama

ITD Unair Siap Terima Sampel Hasil Pemeriksaan Tes Corona dari 44 RS Rujukan di Jawa Timur

Rektor Unair Prof Dr Mohammad Nasih SE, MT, Ak, CMA mengatakan kesiapan ITD Unair dalam memeriksa spesimen pasien terkait COVID-19 dari 44 rumah sakit rujukan di seluruh Jatim, Selasa (17/3/2020).

SURABAYA (global-news.co.id) – Penyebaran Virus Corona (COVID-19) di Indonesia semakin meningkat. Mengantisipasi penyebaran yang semakin meluas, sejumlah rumah sakit hingga perguruan tinggi telah mempersiapkan diri untuk bekerja mengatasi wabah tersebut. Salah satunya adalah Rumah Sakit Universitas Airlangga yang telah siap melakukan pemeriksaan spesimen pasien terkait COVID-19.

Ditambah RS Unair juga ditunjuk oleh pemerintah menjadi satu di antara 3 tempat tes virus corona di Indonesia. Rektor Unair Prof Dr Mohammad Nasih SE, MT, Ak, CMA mengatakan kesiapannya dengan keputusan tersebut.

Selama ini Unair sudah terbiasa melakukan pengujian dan pemeriksaan terkait dengan berbagai macam virus, mulai dari influenza, SARS, Mers hingga corona. “Tentu dalam kasus seperti ini ITD (Institute of Tropical Disease) Unair sangat siap untuk melanjutkan pekerjaan yang selama ini dilakukan yaitu melayani permintaan sampel untuk diuji coba,” katanya, Selasa (17/3/2020).

Dalam hal ini, Unair juga berkoordinasi tentang pemeriksaan dan hasil sampel yang sudah diuji coba dengan pihak Balitbangkes. Hal ini merupakan upaya untuk meminimalisir kesalahan yang terjadi. Jangan sampai hasilnya negatif, ternyata positif. Sehingga semua pihak akan melakukan check and recheck dengan benar.

Dikarenakan minimnya kapasitas SDM Rumah Sakit, Unair menghimbau kepada masyarakat untuk bersabar dan tidak berbondong-bondong memeriksakan dirinya ke RSUA. Pemeriksaan tersebut juga dibatasi untuk 100 orang setiap harinya.

Untuk prosedur pemeriksaan Covid-19 di RSUA, yakni mengambil nomor antrean, mengisi form cek medis, kemudian dokter yang bertugas akan melakukan observasi dan akan melakukan langkah selanjutnya sesuai kondisi. Jadi tidak semua orang akan melakukan swab tenggorokan tergantung kriterianya.

“Masyarakat dapat memeriksakan dirinya di rumah sakit rujukan Provinsi Jawa Timur. Ada 44 rumah sakit di Jatim yang bisa melakukan tes corona,” katanya.

Selanjutnya rumah sakit rujukan tersebut akan mengirimkan sampelnya ke ITD Unair untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium. Hingga saat ini Unair siap melakukan pemeriksaan 500 sampel setiap harinya  yang dikirim dari berbagai rumah sakit rujukan di Jawa Timur. tri

baca juga :

Gelorakan Semangat Kemerdekaan, Polisi Sidoarjo Bagikan 500 Bendera

Redaksi Global News

Liga 1: Raih Hasil Minor pada Laga Uji Coba Kontra Persebaya, Teco Ambil Hal Positif

Vaksinasi “Booster” LSD dari DKPP, Manajemen KBS Tunggu Informasi Lanjutan